Sukses

HeForShe Run 2018 demi Kesetaraan Gender

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Perempuan Internasional, Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) bekerja sama dengan UN Women akan menggelar kegiatan kompetisi lari untuk mendukung kesetaraan gender. Kompetisi lari “HeForShe Run” akan dilaksanakan pada 4 Maret 2018 di Epicentrum Epiwalk, Kuningan. HeForShe Run 2018 terbagi dalam dua kategori, 5K dan 10K. Sekitar 5,000 peserta diperkirakan akan mengikuti kegiatan ini.

Kompetisi lari ini juga dilaksanakan untuk mendukung Kampanye HeForShe yang diprakarsai oleh UN Women. HeForShe merupakan gerakan solidaritas yang mengajak laki-laki dan anak laki-laki mendukung gerakan perempuan sebagai mitra setara dan sebagai agen perubahan untuk mewujudkan kesetaraan gender. 

Anne Patricia Sutanto, Ketua Pelaksana Kegiatan HeForShe Run sekaligus Anggota Dewan Pembina IBCWE mengatakan, “Mewujudkan kesetaraan gender erat kaitannya dengan membentuk sportivitas. Kesetaraan gender akan tercapai apabila perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan, kemampuan, serta pilihan-pilihan yang setara dalam keseharian mereka. Hal ini membutuhkan partisipasi sportif dari kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan. Atas alasan ini maka IBCWE menggelar HeForShe Run sebagai ajang bagi pelari untuk menyatakan bahwa mereka bersedia untuk bersikap sportif dan mendukung kesetaraan gender di dunia kerja dan pemberdayaan ekonomi perempuan,”.

Sementara Direktur Eksekutif IBCWE Maya Juwita menyatakan, pilihan lari sebagai bentuk kegiatan tidak lepas dari semangat menumbuhkan sportivitas di dunia olahraga. “Olahraga lari yang kini populer dan bersifat lintas gender serta usia, dipandang dapat menjadi medium untuk menunjukkan dan membentuk sportivitas dikalangan peserta baik laki-laki dan perempuan untuk mencapai garis lintas akhir (finish). Secara simbolis, pelaksanaan HeForShe Run 2018 diharapkan untuk menumbuhkan sportivitas yang sama. Pelaksanaan HeForShe Run 2018 juga diharapkan akan mendorong masyarakat, khususnya di kalangan laki-laki, untuk ikut peduli dan berkontribusi dalam upaya memperkecil kesenjangan gender; dan mencapai kesetaraan gender di dunia kerja dan pemberdayaan ekonomi perempuan,”.

1 dari 2 halaman

Daftar dimana?

Pendaftaran HeForShe Run 2018 sudah tersedia secara online di www.sukarace.com  hingga 22 Februari 2018. Adapun untuk harga pendaftaran adalah sebesar Rp 100.000,-. Dana yang dikutip sepenuhnya untuk kebutuhan pelaksanaan kegiatan dan panitia tidak mengambil profit dari penyelenggaraan acara.  Seluruh peserta nantinya akan mendapatkan race pack yang terdiri dari running jersey, nomor dada, timing chip, dan produk-produk sponsor.

Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) adalah sebuah koalisi yang dibentuk oleh delapan perusahaan di Indonesia dengan misi mendukung kalangan bisnis agar berperan secara optimal dalam mewujudkan kesetaraan gender di dunia kerja dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

UN Women merupakan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berdedikasi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. UN Women didirikan di tahun 2010 guna mempercepat kemajuan hak-hak perempuan di dunia. Upaya UN Women didasarkan pada keyakinan dasar bahwa setiap perempuan berhak menjalani hidup yang bebas dari kekerasan, kemiskinan, dan diskriminasi, dan bahwa kesetaraan gender merupakan prasyarat dalam tercapainya pembangunan global.

Artikel Selanjutnya
6 Perubahan Drastis Para Transgender, Ada yang Satu Keluarga
Artikel Selanjutnya
Miris, 21 Juta Anak Perempuan di India Ternyata 'Tak Diharapkan'