Sukses

Walau Bikin Kolesterol Tinggi, Udang Tetap Sarat Manfaat

Liputan6.com, Jakarta Kalau usia sudah tidak muda lagi suka khawatir makan udang. Bukan karena punya alergi atau tidak, tapi khawatir kolesterol tinggi. Apa benar udah itu bikin kolesterol melonjak?

Banyak orang takut makanan yang tinggi kolesterol karena percaya makanan itu bisa meningkatkan kolesterol dalam darah, sehingga meningkatkan penyakit jantung.

Namun, penelitian menunjukkan hal ini mungkin tidak terjadi pada kebanyakan orang. Hanya seperempat dari populasi yang peka terhadap diet kolesterol. Selebihnya, diet kolesterol mungkin hanya berdampak kecil pada kadar kolesterol darah.

Hal ini karena sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi hati. Dan ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, hati menghasilkan lebih sedikit.

Terlebih lagi, udang mengandung beberapa nutrisi yang benar-benar dapat meningkatkan kesehatan, seperti asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin.

Sebuah studi menemukan orang dewasa yang mengonsumsi 300 gram udang setiap hari meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik" sebesar 12% dan menurunkan trigliserida mereka sebesar 13%. Kedua faktor ini penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain menemukan 356 wanita yang mengonsumsi kerang, termasuk udang, secara teratur memiliki tingkat trigliserida dan tekanan darah yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memasukkan kerang atau udang dalam makanan mereka.

Penelitian juga menunjukkan orang yang mengonsumsi udang secara teratur tidak berisiko tinggi menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi peran udang dalam kesehatan jantung, namun udang memiliki beragam manfaatnya yang mungkin lebih besar daripada kandungan kolesterolnya.

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Udang

Udang itu memang tinggi kolesterolnya, tapi kalorinya cukup rendah yakni 84 kalori dalam porsi 3 ons (85 gram) serta tidak mengandung karbohidrat. Udang itu sangat bergizi dan memberikan jumlah protein tinggi dan lemak sehat, selain berbagai vitamin dan mineral.

Sekitar 90% kalori pada udang berasal dari protein, dan sisanya berasal dari lemak. Selain itu, dalam porsi yang sama menyediakan lebih dari 20 vitamin dan mineral berbeda, termasuk 50% kebutuhan harian Anda untuk selenium, mineral yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung .

Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam penyajian udang 3 ons (85 gram) seperti dilansir Healthline, Senin (26/2/2018):

Kalori: 84Protein: 18 gram

Selenium: 48% dari RDI

Vitamin B12: 21% dari RDIBesi: 15% dari RDI

Fosfor: 12% dari RDINiacin: 11% dari RDI

Seng: 9% dari RDI

Magnesium: 7% dari RDI

Udang juga merupakan salah satu sumber makanan terbaik yodium, mineral penting yang banyak kekurangan. Yodium diperlukan untuk fungsi tiroid dan kesehatan otak yang tepat

Udang juga merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3 yang baik, selain antioksidan astaxanthin, yang mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan.

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Udang Berkualitas Tinggi

Untuk memilih udang berkualitas tinggi, penting untuk mempertimbangkan bau dan warnanya. Selain itu, belilah dari pemasok terpercaya. Pilihlah udang segar berkualitas tinggi yang tidak rusak, terinfeksi, atau terkontaminasi.

Saat membeli udang mentah, pastikan mereka kuat. Kulir luarnya harus tembus dan berwarna hijau keabu-abuan, berwarna merah muda atau berwarna merah muda. Tepi yang menghitam atau noda hitam di kulit luarnya bisa mengindikasikan kehilangan kualitas (35).

Selain itu, udang mentah dan dimasak harus memiliki aroma "laut" atau asin yang ringan. Udang dengan bau "amis" atau amoniak yang sangat tinggi kemungkinan tidak aman untuk dikonsumsi.

Pastikan juga udang matang dan putih dengan sedikit warna merah atau merah jambu.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 3 Mitos Konsumsi Kedelai Ini Ternyata Salah Besar
Artikel Selanjutnya
Kolesterol Tinggi Bisa Terjadi Setelah Santap 7 Makanan Ini