Sukses

Cara Terhindar dari Cacing Tambang Saat Main di Pantai

Liputan6.com, Australia Cacing tambang yang masuk ke kaki wanita, 42, asal Sunshine Coast, Queensland, Australia setelah berlibur di Pantai Anh Bang, Vietnam memang mengerikan. Liburan yang seharusnya berkesan menyenangkan, berubah drastis.

Mark Pearson, peneliti senior di Australian Institute of Tropical Medicine di James Cook University, Australia menyoroti kasus tersebut. Cacing tambang menjadi perhatian tersendiri di negara-negara berkembang, khususnya yang punya sanitasi dan kebersihan yang buruk.

"Telur (larva cacing tambang) keluar lewat kotoran (feses). Jadi, jika Anda berada di negara, yang sanitasinya buruk, telur-telur ini bisa masuk ke manusia yang menyentuhnya," kata Pearson, dikutip dari ABC News, Rabu (7/2/2018).

Cacing tambang idealnya akan menuju usus untuk mengisap makan darah manusia. Di negara-negara berkembang, cacing tambang jadi penyebab utama anemia.

Ketika berkunjung ke pantai di suatu negara, pelancong sebaiknya memerhatikan kondisi pantai.

"Ada lebih banyak anjing main di pantai di Vietnam. Bertelanjang kaki, tidak akan benar-benar membantu Anda terhindar dari cacing parasit ini (yang berasal dari feses anjing)," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Pakai sepatu

Pearson memberikan saran buat pelancong agar terhindar dari cacing tambang saat main di pantai. Sebaiknya, Anda harus memakai sepatu.

"Pakailah sepatu. Ini satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan agar cacing tambang tidak bisa masuk ke kaki," tambahnya.

Selain itu, saat Anda kembali berlibur dari pantai. Jika tubuh merasa tidak sehat atau mengalami gejala gatal dan bengkak di kaki, segera temui dokter. Gejala tersebut bisa saja, ada cacing tambang yang masuk.

Loading