Sukses

10 Tanda Peringatan Ada Darah Beku di Tubuh

Darah beku tidak membahayakan, tapi berbahaya ketika masuk ke pembuluh darah, cek tanda-tanda peringatan adanya darah beku.

Liputan6.com, Jakarta Darah beku adalah gumpalan darah yang berubah dari keadaan cair menjadi seperti gel. Kondisi ini tidak membahayakan kesehatan karena darah beku melindungi tubuh dari pendarahan. Namun, ketika gumpalan darah beku muncul di pembuluh darah, maka bisa sangat berbahaya.

Jenis pembekuan darah, yang disebut deep vein thrombosis (DVT) bisa menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Untuk mengetahui, apakah darah Anda beku. Ada beberapa gejala, yang mungkin terjadi.

Jantung berdebar kencang

Jika Anda memiliki darah beku di paru-paru, Anda mungkin merasakan debaran di dada. Dalam kasus ini, debaran disebabkan tingkat oksigen yang rendah di paru-paru.

Akibatnya, jantung akan berdetak lebih cepat, dikutip dari Bright Side, Jumat (2/2/2018).

Sesak napas

Anda tiba-tiba menyadari akan sangat sulit menarik napas dalam-dalam. Ini mungkin gejala adanya darah beku di paru-paru, yang disebut emboli paru.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batuk tanpa alasan apapun

Anda kadang-kadang mengalami serangan batuk kering, yang tak terduga disertai sesak napas, denyut jantung meningkat, dan nyeri dada. Ini menjadi pertanda ada darah beku.

Anda mungkin juga batuk lendir, bahkan batuk darah.

Nyeri dada

Jika Anda merasakan nyeri dada saat bernapas dalam-dalam. Ini bisa menjadi salah satu gejala emboli paru.

Rasa nyeri di dada biasanya tajam dan menusuk. Anda dapat dengan mudah berpikir, kalau Anda mengalami serangan jantung.

Nyeri pada lengan atau kaki

Meskipun biasanya perlu beberapa gejala untuk mendiagnosis darah beku. Nyeri dari darah beku bisa dengan mudah disalahartikan sebagai kram otot.

Tapi rasa nyeri ini lebih sering terjadi saat berjalan atau meregangkan kaki.

3 dari 4 halaman

Bintik merah atau gelap pada kaki

Bintik merah atau gelap pada kulit yang muncul tanpa alasan yang jelas bisa jadi gejala darah beku di kaki. Timbul rasa nyeri saat merentangkan jari-jari kaki.

Garis-garis merah pada kulit

Pernahkah Anda melihat garis-garis merah yang tiba-tiba muncul sepanjang urat nadi? Apakah Anda merasakan kehangatan saat menyentuhnya?

Ini mungkin bukan memar yang normal. Anda memerlukan pertolongan medis segera karena bisa saja itu darah beku.

4 dari 4 halaman

Muntah

Muntah bisa menjadi pertanda adanya darah beku di perut. Kondisi ini disebut iskemia mesenterika, yang biasanya disertai dengan rasa nyeri yang parah di daerah perut.

Jika usus tidak mendapatkan cukup suplai darah, Anda mungkin juga mengalami mual dan muntah.

Kebutaan pada mata

Kebutaan pada mata menjadi pertanda ada darah beku. Darah yang membeku bisa mematikan jika Anda tidak mengobatinya dengan segera dan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.