Sukses

Kenapa Sulit Menghindar dari Orang Menyebalkan?

Menghindar atau memutus koneksi dengan orang-orang menyebalkan tak semudah yang dibayangkan, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang yang hadir dalam hidup membawa pengaruh positif. Sebagian dari mereka justru jadi racun bagi hidup karena terasa begitu menyebalkan.

Sayangnya, menghindar atau memutus koneksi dengan orang-orang menyebalkan tersebut tak semudah yang dibayangkan. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam American Sociological Review.

Kenapa begitu sulit menjauh dari orang-orang "beracun"? Ternyata jawabannya sangat sederhana: umumnya mereka memiliki ikatan yang sangat kuat dengan Anda, entah ikatan darah atau pekerjaan.

Riset yang dilakukan para profesor dari University of California, Berkeley, dan Bar-Ilan University ini melibatkan 1.100 orang dewasa. Para partisipan kemudian diminta untuk menyebutkan nama serta mendeskripsikan orang-orang dalam hidup mereka. Termasuk invidu yang mereka anggap sulit dan penuntut.

Daftar individu "sulit" itu ternyata muncul sebanyak 15 persen dari daftar nama yang disebut. Bisa ditebak, sebagian besar adalah anggota keluarga, terutama berjenis kelamin wanita serta orangtua yang sudah sepuh. 

"Kebanyakan adalah anggota keluarga terdekat yang kita perlukan dan cintai dalam hidup. Sementara yang lain adalah individu yang sulit kita hindari. Norma sosial tak memungkinkan kita untuk pergi begitu saja dari mereka, meski hal itu terkadang begitu menggoda untuk dilakukan," jelas peneliti Shira Offer, Ph.D dalam sebuah keterangan, dilansir dari laman New York Post, Senin (22/1/2018).

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wanita, orangtua lansia, dan rekan kerja

Para peneliti menduga, wanita cenderung dianggap sebagai individu yang menyebalkan karena mereka memiliki porsi peran yang lebih besar dalam keluarga.

Sementara orangtua yang telah sepuh menjadi pribadi yang sulit karena mereka telah masuk dalam fase perlu mendapat perhatian dan perawatan lebih.

Daftar orang "beracun" dalam hidup selanjutnya adalah rekan kerja. Mereka pun sulit untuk benar-benar dihindari sehingga kita kerap melabeli mereka sebagai pribadi yang sulit jika ada ketidakcocokan hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.