Sukses

Tak Hanya Sedap, Bawang Merah Punya 10 Manfaat Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Apakah yang pertama kali muncul di benak Anda ketika mendengar kata bawang merah? Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan pokok di seluruh Indonesia. Bahan makanan ini bisa dimakan baik dalam keadaan mentah maupun matang.

Tak hanya sedap rasanya, bawang merah punya banyak manfaat menakjubkan yang mungkin baru Anda ketahui. Dilansir Boldsky, Jumat (12/1/2018), bahan makanan berjenis umbi akar tersebut mengandung antibakteri dan antiseptik. Berikut adalah manfaat menakjubkan lainnya dari bawang merah

1. Mencegah Kanker

Bawang merah terkenal menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

 

Simak juga video menarik berikut ini :

1 dari 4 halaman

Mengandung Sulfur

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah jantung, cobalah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan flavonoid pada bawang merah dapat membantu kerja jantung. Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler. Rempah-rempah yang satu ini pun mengandung tiosulfinat yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

3. Kadar gula darah menurun

Kandungan sulfur pada bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki masalah terkait gula darah, coba tambahkan bawang merah ke dalam menu makanan anda.

2 dari 4 halaman

Mengandung Serat

4. Melancarkan pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan memang menjadi masalah yang serius. Anda yang memiliki gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, bawang merah mengandung serat yang baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bawang merah pun dipercaya dapat mencegah diare dan sembelit.

5. Menjaga kesehatan tulang

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa bawang merah dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, bawang merah dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

6. Mencegah peradangan

Anda yang sering mengalami radang, terutama radang tenggorokan, mulailah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan quercetin pada bawang merah dipercaya dapat meredakan radang. Selain itu, Bawang merah juga dapat membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfur pada bawang merah yang mampu menghancurkan mukus.

3 dari 4 halaman

Bawang perkuat sistem imun

7. Memperkuat sistem imun

Bawang merah mengandung selenium, yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Dengan memakan bawang merah, sistem imun akan bekerja dan Anda akan terhindar dari infeksi penyakit. Jika ingin memperkuat sistem imun, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah, baik mentah maupun matang.

8. Memperlancar sistem pernafasan

Bawang merah merupakan salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Anda yang sulit tertidur pulas, berpikirlah untuk mulai mengonsumsi bawang merah. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

10. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata.

Artikel Selanjutnya
Ground Beef Tofu, Tahu Goreng Istimewa yang Lezat dan Gurih
Artikel Selanjutnya
Trik Simpan Sayuran Hijau agar Segar Lebih Lama