Sukses

6 Trik Kembali Jalani Hidup Sehat Usai Liburan

Liputan6.com, Jakarta Musim libur tahun baru sudah berlalu, dan sebagian masyarakat sudah kembali beraktivitas seperti sediakala. Masa liburan erat kaitannya dengan pola makan yang tidak teratur, minum berbagai macam bentuk minuman, dan kurangnya latihan fisik atau gerak tubuh.

Untuk memperbaiki pola agar kembali hidup sehat tentu tidak semudah membalikkan tangan. Dilansir dari Health, Rabu (3/1/2018), terdapat 6 hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan pola hidup sehat, yang diusulkan oleh para pemerhati kesehatan.

1. Makan makanan yang bersih dan memulai latihan kembali

Saat berlibur, mungkin Anda tidak memperhitungkan makanan apa yang kita makan, dan seberapa sering tubuh kita bergerak. Oleh sebab itu, mulai kembali makan makanan yang sehat, yang berarti rendah gula, rendah lemak, kaya akan protein dan makan banyak sayur-sayuran.

Anda dapat memulai kembali melakukan pemanasan kardio di pagi hari dan sedikit melakukan boxing sebelum beraktivitas.

2. Simpan makanan sehat di dalam kulkas

Setelah liburan usai, segeralah menyimpan makanan sehat, seperti yogurt, susu, telur, buah-buahan dan sayur-sayuran di dalam kulkas. Hal ini akan membantu Anda untuk kembali ke pada pola hidup sehat melalui apa yang masuk ke tubuh.

 

 

1 dari 3 halaman

Bulatkan tekad

3. Mengawali hari dengan aktivitas yang mengeluarkan keringat

Cobalah untuk mengawali hari dengan berolahraga selama kurang lebih 30-40 menit. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan metabolisme, meningkatkan fisik dan mental, meningkatkan mood dan produktivitas, dan tentunya akan melatih displin berolahraga.

4. Bulatkan tekad pada satu tujuan

Awal tahun mungkin akan membawa semangat baru dalam hidup Anda. Oleh sebab itu, cobalah untuk memanfaatkan momentum awal tahun untuk mengulang kembali fokus yang sudah Anda bangun sebelum berlibur.

Cobalah untuk berlari atau berjalan sejauh satu mil setiap hari agar tubuh Anda kembali aktif, atau pusatkan pikiran dengan bermeditasi.

2 dari 3 halaman

Jangan menyesal

5. Susun jadwal dengan seksama

Sejalan dengan poin sebelumnya, guna mewujudkan tujuan tersebut, Anda harus menyusun jadwal sedemikian rupa. Usahakan untuk tidak banyak membuat janji dan tetap fokus pada tujuan tersebut.

6. Jangan menyesal akan hal yang sudah terjadi saat liburan

Penyesalan tidak akan membawa Anda pada rutinitas atau bentuk tubuh yang sudah dibangun sebelum liburan. Cobalah untuk tidak kembali pada pola hidup semasa liburan dan kembali pada pola hidup yang teratur.

Artikel Selanjutnya
Jaga Berat Badan di Akhir Pekan dengan 4 Aktivitas Ini
Artikel Selanjutnya
Kolesterol Tinggi pada Anak Bisa Dicegah, Ini Caranya