Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Penyakit Saat Liburan!

Liputan6.com, Jakarta Asyik, liburan akhir tahun sebentar lagi dimulai nih. Waktunya mengajak keluarga atau sahabat-sahabat tersayang untuk jalan-jalan dan mengistirahatkan diri dari segala rutinitas.

Segala persiapan pun perlu dilakukan dengan matang agar perjalanan berlangsung lancar dan menyenangkan. Salah satu hal yang wajib diperhatikan dari sebelum berangkat adalah kesehatan. Pasti kesal banget kan, kalau lagi liburan terus tiba-tiba sakit dan enggak bisa jalan-jalan? Bukannya senang-senang malah lemas tak berdaya di tempat tidur.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat liburan. Apa saja?

1. Tidur cukup

Kekurangan waktu tidur dapat melemahkan sistem imun, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Pasalnya, ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang berfungsi untuk memulihkan sistem imun. Jadi, semakin lama kita tidur, kian banyak hormon melatonin yang terproduksi. Dengan begitu, sistem imun tubuh pun akan semakin kuat. Waktu tidur yang paling disarankan adalah delapan jam.

2. Tidak makan sembarangan

Mengonsumsi makanan yang kurang bersih sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai macam virus bersarang di sana, seperti E. coli, Shigella, Salmonella, dan Giardia. Akibatnya, Anda akan mudah terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari antara lain sayuran yang tidak dibersihkan dengan air matang, buah dan sayuran mentah yang dikupas orang lain, makanan yang sudah disimpan waktu lama atau kadaluarsa, serta makanan yang kurang matang atau sudah dipanaskan berulang kali.

3. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih bermanfaat untuk menjaga mucous membrane di hidung dan tenggorokan tetap terhidrasi. Nah, mucous membrane yang terhidrasi, mampu mengeluarkan segala virus dan bakteri dalam bentuk urin. Selama liburan, juga usahakan untuk selalu minum air putih yang banyak agar terus sehat hingga pulang.

4. Siap sedia obat-obatan

Selain pakaian, jangan lupa untuk mengepak obat-obatan juga. Bawa obat-obatan yang biasa dibutuhkan, seperti obat flu, diare, dan sakit kepala. Jika Anda punya penyakit tertentu, bawa juga obat-obatannya.

Namun, yang namanya musibah memang tidak bisa ditebak kapan datangnya. Jika Anda atau salah satu anggota keluarga ada yang tiba-tiba sakit di perjalanan dan tidak membawa obatnya, jangan panik. Tetap tenang dan segera cari obatnya.

Anda juga tidak perlu khawatir, jika tidak mengetahui letak apotek di tempat liburan, beli saja secara online. Sekarang sudah aplikasi khusus untuk keperluan kesehatan bernama MoCehat.

Di aplikasi tersebut, terdapat lebih kurang 500 farmasi yang menjual berbagai macam obat, suplemen, salep, dan produk perawatan diri. Bila Anda membeli obat di sana, Anda tinggal duduk manis menunggu obatnya diantarkan ke tempat Anda berada pada hari itu juga.

Tak hanya melayani pembelian obat-obatan, aplikasi MoCehat juga melayani konsultasi dengan apoteker. Anda bisa mengajukan pertanyaan apapun terkait dengan obat-obatan dan masalah kesehatan lainnya.

Mengusung slogan health at your finger tips, layanan ini tersedia di berbagai kota besar. Servis ini terdapat di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar, dan Samarinda.

Andalkan aplikasi MoCehat dan jalani liburan dengan sehat nan bahagia. Selamat jalan-jalan!

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk
Artikel Selanjutnya
8 Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Berat Badan Turun