Sukses

Sudah Melahirkan, Kenapa Berat Badan Ibu Terus Naik?

Setelah melahirkan, berat badan ibu bukannya turun malah terus naik, kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta Sudah melahirkan, tapi berat badan bukannya turun malah terus naik? Jika hal ini yang terjadi, maka kesalahannya terletak pada gaya hidup Anda.

Penelitian mengenai hal ini menemukan, berat badan ibu terus naik karena kebiasaan memakan makanan dari piring anak, atau kebiasaan duduk yang lebih lama.

Terlebih lagi, kurangnya waktu tidur pada ibu baru menyebabkan keinginan mencemil yang semakin kuat. Walaupun memastikan memilih makanan yang sehat, hal ini tetap akan menyebabkan kenaikan berat badan.

"Ibu biasanya selalu mendahulukan kebutuhan anak mereka, jadi mereka jarang mengambil waktu untuk berolahraga atau mengurus diri sendiri," ujar penulis penelitian Olga Yakusheva, profesor di University of Michigan, AS.

Sebagai tambahan, wanita yang diet mati-matian atau berolahraga keras dalam waktu singkat untuk mendapatkan tubuh pra-kehamilan, seringnya merasa kecewa dengan hasil usaha mereka. Hal ini kemudian membuat mereka berhenti berolahraga sama sekali.

Namun, jika ibu ingin menurunkan berat badan, mereka sebaiknya memangkas kalori dan berolahraga lebih banyak. Pastikan juga melakukan pendekatan holistik yang berfokus pada menjalani gaya hidup sehat untuk jangka panjang.

Walaupun semua wanita biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sehubungan usia, ada perbedaan nyata antara mereka yang sudah melahirkan dan yang belum.

Saat anak-anak mereka mencapai usia balita, para ibu biasanya sudah bertambah berat badannya sekitar satu kilo pertahun, dibanding mereka yang tidak memiliki anak.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.