Sukses

Kenali 4 Fakta Komedo

Cek fakta mengenai komedo berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Komedo merupakan bintik kecil yang seringkali muncul di kulit wajah seperti hidung. Meskipun tak menonjol seperti jerawat, namun memiliki komedo seringkali membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Mengutip laman Mental Floss, Rabu (4/10/2017), ada beberapa fakta mengenai komedo, misalnya mengenai paparan matahari yang dapat menyebabkan timbulnya komedo, ukuran komedo yang bisa membesar hingga komedo hitam.

1. Komedo hitam

Komedo umumnya berwarna putih, namun pada sebagian orang komedo berwarna hitam. Hal ini bukan berarti terdapat kotoran pada komedo.

Seorang dermatolog menyebutkan, penyebabnya adalah kotoran di dalam pori-pori yang terpapar udara. "Komedo teroksidasi dan ini menyebabkan warnanya semakin gelap," ucap Dr. Sandra Lee. Dia menjelaskan komedo yang masih tertutup warnanya akan tetap putih.

2. Komedo bisa disebabkan paparan sinar matahari

"Ada dua jenis komedo, yang pertama disebabkan oleh jerawat saat puber yang biasanya muncul di dahi dan hidung. Selain itu ada juga komedo surya, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari," ucap dr Sandra.

Komedo akibat paparan matahari seringkali muncul di daerah dekat rambut dan sekitar mata. 

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Komedo terbuka dapat menyebabkan jerawat

Komedo yang terbuka pada dasarnya mempermudah penyumbatan pori-pori kulit. Daerah ini menjadi sangat sensitif bagi bakteri propionibacterium acne untuk berkembang biak.

"Jika ini dibiarkan, komedo akan memunculkan masalah baru, yaitu jerawat," ucapnya.

4. Ukuran komedo dapat benar-benar membesar

Komedo umumnya berukuran kecil. Meski begitu, komedo bisa saja membesar pada kasus tertentu.

Dr. Sandra menjelaskan, komedo yang membesar pada dasarnya disebabkan oleh pori-pori yang melebar. Komedo yang membesar biasanya terjadi pada orangtua. Komedo ini muncul pada wajah namun dr. Sandra menjelaskan bahwa ilmuwan pernah menemukan komedo besar di saluran telinga seorang wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini