Sukses

Saat Tegang dan Grogi, Kenapa Jadi Kebelet Pipis?

Jelang wawancara kerja, presentasi di depan bos besar, atau pertama kali bertemu orangtua pacar kenapa sering kebelet pipis ya?

Liputan6.com, Jakarta Keinginan buang air kecil alias pipis kerap muncul di saat-saat tegang. Misalnya, jelang wawancara kerja, presentasi di depan bos besar, atau pertama kali bertemu orangtua pacar. Jika seperti ini, tenang Anda tak sendirian.

"Saat tegang memang umumnya seseorang merasa ingin mengosongkan kandung kemih alias ingin pipis," kata dokter spesialis urologi University of California, Tom Chi.

Penyebab keinginan pipis saat tegang juga belum diketahui penyebab pastinya. Salah satunya mungkin ini respon tubuh terhadap ketidakseimbangan sistem otak akibat stres. Tubuh menerapkan mode fight atau flight saat stres datang. Mode ini membuat produksi urine meningkat seperti disampaikan Chi mengutip Live Science, Senin (2/10/2017).

Alasan lainnya, saat tegang, otot-otot pun jadi ikutan tegang. "Dan salah satu otot itu bisa saja kandung kemih. Saat itu terjadi, keinginan buang air kecil timbul," kata Chi lagi.

Jika perasaan pipis terus-terusan terjadi atau tidak ada toilet di dekat Anda, Chi menyarankan untuk mengalihkan pikiran (distraksi). Bisa juga melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dan otot.

Kandung kemih sehat umumnya bisa menampung hingga dua gelas cairan urine. Setelah penuh, kandung kemih akan mengirimkan sinyal melalui tulang belakang ke otak yang mengatakan 'Sudah penuh, saatnya pipis'. Ketika sinyal tersebut diterima lalu pipis, kandung kemih dan otot-otot di sekitarnya jadi rileks.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini