Sukses

Menteri Puan Ingin Kembali ke Konsep Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Liputan6.com, Lampung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan pemerintah ingin menghidupkan kembali konsep makan "4 Sehat 5 Sempurna", sehingga tidak terjadi kebingungan di masyarakat mengenai konsep makan sehat.

Konsep makan 4 Sehat 5 Sempurna sebelumnya dikampanyekan sejak 1955. Program ini bisa dikatakan berhasil membuat masyarakat tahu apa saja yang perlu dikonsumsi agar sehat. Seiring perkembangan ilmu gizi, dikembangkanlah konsep atau pola gizi seimbang.

Namun konsep makan seimbang, kata Puan, kurang mampu dipahami masyarakat. Berbeda halnya dengan konsep makan 4 Sehat 5 Sempurna yang mudah dipahami yakni terdiri dari karbohidrat, protein, sayur, buah, dan terakhir susu sebagai pelengkap.

Puan pribadi pun ingat betul gambar konsep makan 4 Sehat 5 Sempurna yang terpasang di tembok saat duduk di bangku Sekolah Dasar.

"Sering kita mengatakan supaya sehat kita harus makan makan seimbang. Seimbang itu sebenarnya seperti apa? Makanan bergizi itu seperti apa? Dari pembicaraan bersama Menko lain serta menteri-menteri saat rapat dengan wapres, kenapa kita tidak kembali pada perilaku 4 Sehat 5 Sempurna," tutur Puan dalam sambutan Hari Keluarga Nasional ke 24 di Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (15/7/2017).

Mengenai konsep makan kembali ke zaman dulu kini masih dalam tahap pembahasan. Bila memang sudah resmi kembali ke 4 Sehat 5 Sempurna, Puan meminta gotong royong masyarakat dan pemerintah menyebarkan informasi konsep makan ini penting dalam menjaga gaya hidup sehat selain olahraga dan istirahat cukup.

Loading