Sukses

Cara Rossa Ajari Anak yang Malas Belajar

Rossa kecil memang sosok yang gemar belajar. Akan tetapi, dia tak mau egois, dan berharap banyak anaknya bakal seperti dia.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Rossa tidak lagi memaksa anak laki-lakinya, Rizky Langit Ramadhan, untuk tumbuh menjadi sosok anak yang sama persis dengan dirinya dulu. Rossa tak mau egois karena ia takut hal itu malah merugikan Rizky di kemudian hari.

Maklum, Rossa kecil adalah sosok anak perempuan yang rajin belajar, selalu meraih nilai yang bagus di sekolah, dan berkat kerja kerasnya berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri terbaik se-Indonesia.

Rossa mengaku sempat berpikir seperti itu. Bahkan, dia sempat dirundung rasa sedih saat mengetahui Rizky tak senang belajar. "Awalnya begitu. Kok, Rizky enggak mau belajar ya, sedangkan aku dulu senang banget belajar," kata Rossa.

Namun, keinginan itu perlahan-lahan dia kubur setelah mendapat masukan dari guru-guru TK buah hati tercinta.

"Guru-gurunya, bahkan kepala sekolahnya bilang sama aku, jangan menganggap anak sebagai mini me (aku semasa kecil), jadi kayak versi kecil dari aku. Sebab, mereka adalah individu lain yang punya bakat berbeda, dan garis hidup yang berbeda pula," kata Rossa kepada Health Liputan6.com pada Jumat, 9 Juni 2017.

Sejak saat itu Rossa sadar bahwa anak berhak meraih kebahagiaannya sendiri dengan melakukan sesuatu yang memang dia senangi, bukan karena paksaan orangtuanya.

"Aku pada akhirnya sadar, benar juga bahwa anak sama kita pun punya hobi berbeda. Dari situ aku sudah enggak terlalu (memaksa)," kata Rossa menambahkan.

Menurut Rossa, akan ada masanya seorang anak menyadari bahwa dia harus meraih nilai terbaik. Efek dari nilai bagus itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi untuk orang-orang yang ada di sekitarnya juga.

"Aku pada akhirnya hanya memantau dan ajari dia. Tetapi kalau sudah ujian, terserah dia mau nilai yang kayak gimana. Kalau jelek, dia yang akan malu sendiri," kata Rossa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rossa adalah penyanyi professional asal Indonesia yang merupakan mantan istri dari Yoyo "Padi"
    Rossa adalah penyanyi professional asal Indonesia yang merupakan mantan istri dari Yoyo "Padi"

    Rossa