Sukses

Gara-Gara Petasan, Pria Ini Alami Kebutaan

Seorang pria mengalami luka parah di mata akibat terkena ledakan petasan.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di India mengalami luka parah di mata akibat terkena ledakan petasan. Dari hasil tes yang dilakukan dokter, pria itu kini mengalami kebutaan.

Mengutip Livescience, pria berusia 44 tahun yang tak disebutkan namanya itu dibawa ke unit gawat darurat setelah sebuah petasan meledak di depan wajahnya. Laporan singkat kasus ini terbit dalam The New England Journal of Medicine.

Menurut seorang profesor oftalmologi, Dr. Jagat Ram, ada sejumlah benda asing yang tertanam di dalam lapisan kornea pria tersebut. "Sulit untuk menyingkirkan banyak benda asing di matanya, apalagi kornea merupakan lapisan mata yang terluar."

Setelah dokter melakukan operasi pada matanya, mereka memberikan antibiotik dan obat tetes mata untuk mata kiri. Sedangkan mata kanannya sulit ditangani.

"Dalam kasus pria ini, bola mata rusak parah, dan cairan di dalam bola mata bocor sehingga kami sulit memperbaiki mata kanan pria tersebut," kata Ram.

Ram menuturkan, pria ini memiliki kondisi yang disebut phthisis bulbi yang berarti bola mata telah menyusut dan tidak berfungsi lagi. Bila seseorang memiliki phthisis bulbi, dia benar-benar akan mengalami kebutaan. Untuk itu, dia mengingatkan untuk siapa pun agar tidak bermain-main degan petasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.