Sukses

Tips untuk Ibu Hamil agar Nyaman Saat Mudik Lebaran

Agar nyaman saat perjalanan mudik, ibu hamil perlu membuat diri senyaman mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Mudik ke kampung halaman jelang Lebaran merupakan tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, bila mudik Lebaran kali ini Anda sedang hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman.

Psikolog Anna Surti Ariani menyarankan lima hal berikut agar ibu hamil tetap nyaman saat mudik, yakni:

1. Buat diri senyaman mungkin

Perjalanan panjang lebih dari empat jam perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari pakaian hingga posisi duduk harus nyaman.

"Pakai pakaian yang nyaman, jangan terlalu panas, kalau dingin pakai jaket," pesan psikolog yang akrab disapa Nina beberapa waktu lalu, ditulis Sabtu (17/6/2017).

Bila perlu, bawa barang yang bisa membuat nyaman, seperti boneka atau bantal untuk tidur.

2. Puasa boleh, asal...

Selama merasa diri kuat serta dokter kebidanan dan kandungan memperkenankan untuk puasa saat mudik, silakan. Namun, pastikan asupan air tercukupi pada saat sahur dan buka puasa.

3. Cari tahu lokasi nyaman untuk istirahat di perjalanan mudik

Bila mudik kali ini jauh dan menggunakan mobil, cari tahu di mana saja lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. Manfaatkan berbagai tempat mudik nyaman bagi ibu hamil di titik rest area jalur pantura.

4. Lakukan berbagai hal yang menghibur

Macet dan ramai saat mudik kerap membuat suasana hati jadi buruk. Jika ini terjadi, coba lakukan hal-hal menghibur. Misalnya membuka foto-foto berisi kenangan manis dengan keluarga dan sahabat.

"Kenangan manis yang kita simpan membantu meningkatkan mood," kata Nina

5. Bekerja sama dengan suami

Saat hamil, gerak fisik jadi lebih terbatas. Maka tak ada salahnya berkoordinasi dengan suami. Misalnya, meminta tolong membawakan koper atau sesuatu yang berat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini