Sukses

Mahasiswa UGM Ciptakan Pembersih Sikat Gigi Antibakteri

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan pembersih sikat gigi antibakteri.

Tim PKM-K UGM 2017 tersebut terdiri dari Angelia Rosalina (Fakultas Kedokteran Gigi), Cindy Rozza (Fakultas Kedokteran Gigi), Aan Listanto (Fakultas Teknik), Maharani Rizki (Fakultas Teknik), dan Rizqi Dinni (Fakultas Farmasi).

Menurut Manajer Produksi, Rizqi Dinni, pembersih sikat gigi ini memiliki bahan aktif dari Natrium hipoklorit yang sudah teruji bisa membersihkan mikroorganisme pengganggu yang dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan gigi dan gusi.

"Selain itu ada alkohol dan perasa buah yang dapat menyegarkan sikat gigimu kembali," katanya melalui surat elektronik, Kamis (15/6/2017).

Rizqi menuturkan, pembersih sikat gigi yang dinamai T-tizer (Toothbrush Sanitizer) ini merupakan inovasi baru dan pertama di Indonesia.

Menurut hasil penelitian American Assosiation of Endodontists, natrium hipoklorit dalam konsentrasi tertentu dapat berfungsi sebagai bakterisidal yang artinya dapat membunuh sejumlah bakteri yang terdapat pada sikat gigi yang kotor.

Dalam sebuah penelitian, dapat dilihat hasil perbandingan antara chlorhexidine dan natrium hipoklorit dalam efektivitasnya membunuh bakteri . Selain aman, harga pembersih sikat gigi ini juga terjangkau untuk masyarakat.