Sukses

Obat Tetes Mata Baiknya Tak Digunakan Lebih dari Sebulan

Liputan6.com, Jakarta Obat tetes mata memang dapat membantu kondisi mata kering. Tapi terlalu banyak menggunakan obat tetes mata juga bisa merugikan mata indah Anda.

Melansir Health Line, Rabu (7/6/2017) cairan tetes mata yang dijual bebas rupanya ada yang mengandung bahan pengawet. Biasanya pada obat tetes mata multidosis--obat tetes mata yang dapat bertahan dalam jangka panjang--berisiko untuk mata.

Bahan pengawet yang digunakan bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri begitu botol dibuka. Sayangnya, terlalu lama menyimpan dan menggunakannya juga bisa menyebabkan konjungtivitis atau peradangan mata akut.

Ada batas waktu untuk menggunakan obat tetes mata. Meski di kemasan obat tetes mata yang Anda gunakan bisa digunakan sampai tahun depan, tapi obat tetes mata multidosis ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari empat minggu.

Untuk menyiasatinya, tuliskan tanggal dan bulan setiap Anda membuka botol tersebut. Ini berguna untuk mengingatkan sudah berapa lama penggunaan dari obat tetes mata tersebut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS