Sukses

Buat Apa Jupe yang Mengidap Kanker Serviks Jalani Cuci Darah?

Julia Perez, alias Jupe yang diketahui positif kanker serviks, malah harus cuci darah. Apa gunanya?

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang tahu bahwa Julia Perez dirawat di RSCM akibat sakit kanker serviks. Akan tetapi, Jupe (begitu sapaan akrabnya) beberapa kali diketahui menjalani cuci darah. Seperti dua hari yang lalu, mantan istri pemain sepakbola Gaston Castano ini baru saja menjalani prosedur cuci darah selama enam jam.

Apa hubungan cuci darah dengan sakit kanker yang diderita Julia Perez?

dr Resthie Rachmanta Putri M. Epid dari Klik Dokter, menjelaskan, tujuan dari cuci darah adalah menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring air dna racun sisa metabolisme tubuh. Dan, penderita kanker seperti Julia Perez, yang setiap harinya dijejelin obat-obatan guna mempercepat proses penyembuhan, tidak menutup kemungkinan fungsi ginjalnya jadi terganggu.

"Pemberian obat-obatan (dan kemoterapi) bisa mengganggu fungsi ginjal sementara waktu. Bila gangguannya berat, cuci darah umumnya dibutuhkan beberapa kali hingga ginjalnya pulih," katanya.

Penyebab lain adalah kanker serviks yang menyebar ke ginjal. Bila hal ini yang terjadi, fungsi ginjal tak mungkin kembali normal. Namun, penyebaran kanker serviks ke ginjal merupakan hal yang sangat jarang terjadi.

"Memang, penyebab Jupe (Julia Perez) menjalani cuci darah belum diketahui pasti. Kita berharap, setelah menjalani cuci darah, kondisinya berangsur membaik," kata Resthie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini