Sukses

Sering Berkeringat di Malam Hari, Mungkin Ini 6 Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Suhu kamar tidak panas, malah sudah pakai penyejuk ruangan tapi masih berkeringat di malam hari? Bila ini terjadi, bisa jadi tubuh sedang memberikan 'kode' bahwa terjadi sesuatu pada tubuh yang selama ini tidak disadari.

Jika berkeringat di malam hari terjadi secara berulang, ada beberapa kemungkinan penyebab. Mengutip Times of India, Kamis (12/4/2017) berikut enam di antaranya;

1. Menopause

Berkeringat saat tidur merupakan kondisi umum pada wanita menopause. Biasanya terjadi dalam hot flashes atau rasa panas hingga menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat.

2. Mengonsumsi obat antidepresan

Obat-obatan antidepresan bisa memicu pasien jadi berkeringat di malam hari. Cara kerja obat tersebut sedikit menganggu fungsi tubuh seperti pengaturan suhu, metabolisme dan hormon.

3. Hipoglekemia

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Bila kadar gula darah renda bisa memicu keringat di malam hari. Pada mereka yang menggunakan insulin pada pasien diabtes bisa mengalami keringat dingin di malam hari juga.

4. Gangguan hormon

Orang dengan gangguan hormon sepertihipertiroid seringkali memiliki keluhan berkeringat di malam hari.

5. Gangguan autoimun

Pasien lupus dan rheumatoid arthritis biasanya yang mengalami keringat dingin di malam hari.

6. Masalah kardiovaskular

Pada orang dengan berat badan berlebih maupun obesitas sering bajunya basah oleh keringat saat tidur. Hal ini terjadi karena bisa masalah kardiovaskular ataupun memiliki tekanan darah tinggi.