Sukses

Tas Jinjing Terlalu Berat Rusak Kesehatan Wanita

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan banyak wanita--terutama wanita yang sibuk--adalah membawa tas praktis yang bisa memuat segala keperluannya. Tak jarang, tas jinjing para wanita ini jadi memiliki berat yang cukup besar.

Walaupun praktis, sayangnya kebiasaan membawa tas jinjing yang terlalu berat bisa mengganggu kesehatan wanita. Beberapa penelitian telah menunjukkan, tas jinjing yang terlalu berat dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, seperti dilansir dari Thelist, Selasa (7/3/2017):

1. Seluruh otot menjadi tegang dan stres

Membawa tas yang terlalu berat, bisa memberikan efek yang ekstrim pada tubuh. “Ketika Anda membawa tas yang terlalu berat, hal ini akan menyebabkan otot-otot di tulang belakang bekerja lebih keras untuk mengimbangi berat tas. Hal ini akhirnya akan memberikan lebih banyak tekanan pada punggung bagian bawah, hingga menyebabkan tegang dan stres pada otot,” ujar seorang chiropractor di Atlanta, Amerika Serikat, Dr. Robert A. Hayden.

2. Sakit kepala sering terjadi

Tas jinjing yang terlalu berat tidak hanya menyebabkan sakit leher dan punggung, tetapi bisa juga menyebabkan sakit kepala.

“Ketika otot-otot di bahu dan leher tejang, hal ini bisa menyebabkan sakit di bagian belakang tengkorak Anda yang akan menyebar hingga bagian depan kepala,” ujar seorang chiropractor di California, Amerika Serikat, Dr. Karen Erickson.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui apakah sakit kepala tersebut diakibatkan dari tas jinjing yang berat?

Untuk menjaga kesehatan wanita, Dr OZ mengatakan, jika berat tas Anda lebih dari 10 pound (4,5 kg), maka tas tersebut bisa menjadi sumber penyebab sakit kepala yang Anda rasakan.

3. Gaya berjalan dapat terpengaruh

“Salah satu konsekuensi sering membawa tas yang terlalu berat pada salah satu bahu, ialah secara signifikan akan mempengaruhi gaya berjalan. Sering membawa beban yang berat pada salah satu sisi tubuh, akan menyebabkan tangan pada sisi tersebut tidak mampu menguyun secara alami, hingga akhirnya akan memberikan efek serius pada keseimbangan tubuh secara keseluruhan,” ujar Dr. Erickson.

2 dari 2 halaman

Solusinya?

Lalu, apa saja solusi untuk mengatasi masalah-masalah di atas? Anda bisa memulainya dengan terlebih dahulu memperbaiki postur tubuh ketika sedang membawa tas jinjing Anda, serta bawalah tas sekecil mungkin.

“Saya menyarankan agar Anda membawa tas yang sekecil mungkin, jangan sampai beratnya melewati 5 sampai 8 pound. Lalu lihat pantulan diri Anda di cermin ketika Anda sedang memakai tas tersebut di bahu. Jika Anda tidak bisa berdiri tegak atau berjuang untuk berdiri tegak saat memakainya, maka ini bermasalah dan Anda harus mengurangi beban tas tersebut,” ujar seorang chiropractor di Wausau, Wisconsin, Scott Bautch.

Selain itu, Anda juga bisa membawa tas tersebut secara bergantian pada kedua sisi bahu Anda.

“Jika Anda sudah cukup lama membawa tas jinjing tersebut pada bahu sebelah kanan, maka pindahkan tas tersebut ke bahu kiri Anda. Karena, memperkenalkan bobot yang sama pada kedua sisi tubuh, akan menyeimbangkan beban tulang belakang. Namun jangan lupa pastikan bahwa tas tersebut tidak terlalu berat,” ujar seorang asisten profesor pengobatan fisik dan rehabilitasi di Johns Hopkins University School of Medicine, Akhil Chhatre, M.D.