Sukses

4 Alasan untuk Lebih Sering Squat

Dengan rutin berlatih squat, Anda bisa mendapatkan empat manfaat sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta Squat adalah gerakan latihan yang sederhana namun efektif bila dilakukan dengan rutin. Anda tak perlu alat bantu untuk berlatih, namun mampu menggerakkan hampir semua otot.

Dengan rutin berlatih squat, Anda bisa mendapatkan empat manfaat sekaligus, seperti dilansir dari laman Al Arabiya, Sabtu (3/3/2017):

1. Membakar lemak

Ketika Anda melatih otot kaki dengan gerakan squat, ini juga akan menciptakan kondisi anabolik pada tubuh sehingga memicu pelepasan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan. Dua hormon tersebut penting bagi pertumbuhan serta massa otot.

2. Mencegah cedera

Gerakan squat merupakan gerakan dasar yang bisa dilakukan semua orang. Posisi "full" squat merupakan postur alami yang sering dipraktikkan sebagai posisi duduk alternatif dalam budaya Asia. Oleh karena itu rutin berlatih squat bisa memperbaiki postur yang kurang seimbang dan mencegah cedera karena meningkatkan fleksibilitas, gerakan, dan keseimbangan tubuh.

Gerakan squat memperkuat otot gluteus maximus sehingga membantu otot-otot tubuh berfungsi lebih efisien.

3. Mengencangkan seluruh tubuh

Squat termasuk salah satu gerakan yang mampu melatih banyak otot tubuh. Dengan berlatih satu gerakan seperti squat, Anda bisa mengencangkan otot bokong, perut, dan kaki.

Ketika berlatih squat, otot-otot yang bergerak itu membantu mengatur glukosa, meningkatkan metabolisme dan mengurangi sensitivitas insulin. Dengan begitu Anda terhindar dari obesitas, diabetes, dan masalah kardiovaskular.

4. Mengurangi nyeri otot

Sejak lama squat dikritik karena dianggap merusak lutut. Namun, bila dipraktikkan dengan benar, squat justru bisa meningkatkan kestabilan lutut dan memperkuat jaringan ikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.