Sukses

Peduli Pendidikan, Raja Salman Akan Bangun Kota Universitas

Liputan6.com, Jakarta Air mata bahagia menetes dari mata Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, saat menghadiri wisuda anak tercinta Rakan bin Salman Al Saud, pada Mei 2016 lalu. Apalagi, Rakan mengantongi penghargaan khusus karena keunggulannya selama menjalankan proses studi di Riyadh Schools.

Mengutip Gdn Online, Rabu (1/3/2017) Raja Salman yang kala itu memberikan pidato pendek di depan peserta wisuda dan warga sekolah memuji perkembangan pendidikan di Arab Saudi. Uniknya, ia mengaku kehadirannya dalam wisuda itu bukan hanya semata-mata karena anaknya.

"Saya menghadiri wisuda ini tidak hanya sebagai ayah Rakan, tetapi seorang ayah untuk semua siswa," kata Raja Salman.

Menghadiri upacara wisuda sudah menjadi tradisi penguasa negara Arab ini. Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu simbol kepedulian ia terhadap pendidikan.

Melansir Asharq Al-awsat, dalam sebuah pidato Raja Salman pada acara "50th anniversary of King Abdulaziz University", Mei tahun lalu, ia mengatakan betapa tertariknya ia terhadap ilmu pengetahuan dan sains.

Pria 81 tahun itu berpendapat bahwa kemajuan sebuah negara berlandaskan pengembangan dari ilmu dan sains. Dan ia ingin kerajaan miliknya bisa terus maju dan berkembang dengan pendidikan. Dalam acara yang sama, Raja Salman turut menerima penghargaan berupa gelar doktor kehormatan (honorary doctorate) dari King Abdulaziz University, untuk bidang “promotion of Islamic unity".

Tak tanggung-tanggung, Raja Salman juga mengucurkan dana sebesar 5,5 Miliar Riyal untuk proses pembangunan sebuah kota universitas meliputi bangunan tinggal untuk para mahasiswa/i, perumahan staff universitas, hingga sport village yang rencananya akan selesai pada 2030 mendatang.