Sukses

8 Tanda Samar dari Gangguan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Nyeri di bagian dada dan kesulitan bernapas kerap dijadikan pertanda seseorang mengalami masalah jantung. Tapi ada tanda-tanda lain yang juga perlu Anda cermati.

Menurut studi terbaru yang dipimpin Dr Nobuo Sasaki, keinginan untuk tidur cepat di malam hari pun bisa jadi pertanda masalah jantung serius pada pria.

Melansir Dailystar, Selasa (7/2/2017), studi tersebut meneliti kebiasaan 2.400 pria dan menemukan individu dengan tekanan darah tinggi berbahaya cenderung tidur malam lebih cepat dibandingkan mereka yang sehat. Hipertensi adalah kondisi yang jarang terlihat gejalanya. Namun jika hipertensi dibiarkan bisa berujung pada serangan jantung dan stroke. Artinya, penting untuk mencermati tanda atau gejala apa pun yang ditimbulkan kondisi tersebut.

Pria yang hipertensi rata tidur pukur 23.10. Sementara mereka yang tak memiliki masalah tekanan darah tinggi rata-rata tidur pukul 23.28.

Meski tidur lebih awal, individu yang mengalami masalah jantung akan menghabiskan malam dengan gelisah dan tak nyenyak. Skor tidur yang didapat pria dengan tekanan darah tinggi ada pada angka 5,3 yang menandakan mereka mengalami masalah tidur.

Bila tekanan darah Anda sangat tinggi, ada gejala lain yang juga perlu dicermati, seperti:

1. Sakit kepala parah
2. Kelelahan atau kebingungan
3. Masalah penglihatan
4. Nyeri dada
5. Kesulitan bernapas
6. Irama detak jantung tidak teratur
7. Darah dalam urine
8. Suara degup jantung terdengar kencang di dada, leher, atau telinga

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.