Sukses

Trik Makan Siang Banyak Tanpa Ganggu Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mendengar bahwa makan siang dengan porsi lebih banyak ketimbang makan malam dapat membantu menurunkan berat badan.

Pada dasarnya seseorang butuh banyak energi di awal hari supaya dapat menyelesaikan apa yang dia kerjakan hari itu, tapi tetap ingin berat badan stabil. Alasan itulah yang membuat orang berpegang pada pepatah lama, "Sarapanlah seperti seorang raja, makan siang bak pengeran, dan makan malam seperti seorang pengemis".

Hal senada dibenarkan oleh Profesor Carl Johnson dari Vanderbilt University di Nashville. Menurut dia, manusia butuh gula yang cukup "banyak" agar aktivitas berjalan lancar, sehingga makan siang yang lebih banyak dari makan malam tak akan mengubah makanan menjadi lemak. Namun, itu berlaku bagi karyawan yang bergerak aktif, bukan yang hanya berdiam diri di depan komputer.

"Ketika aktif, makanan yang Anda santap di siang hari dalam jumlah banyak tak akan mengubahnya menjadi lemak. Sedangkan makanan yang disantap pada malam hari, besar kemungkinan dikonversi menjadi lemak,"kata Carl dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (10/1/2017). Hasil penelitian yang melibatkan beberapa ekor tikus selama lebih dari dua tahun ini telah diterbitkan ke dalam Jurnal Cell.

Carl melanjutkan, Anda yang ingin mengurangi jumlah asupan kalori, puasalah di malam hari sampai waktu sarapan tiba. "Ini cara yang sehat untuk mengurangi jumlah kalori," kata Carl menerangkan.

Sementara untuk makan siang, santaplah sejumlah makanan berat yang berguna sebagai bahan bakar tubuh. Namun, pastikan tidak mengandung kalori berlebih supaya berat badan stabil. Pada dasarnya, porsi lebih banyak dari sarapan dan makan malam.

Loading