Sukses

Risiko Kesehatan yang Mengintai dari 8 Benda Fashion Wanita

Berikut fashion item yang diam-diam berbahaya bagi kesehatan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Bermain-main dengan fashion memang menyenangkan. Benda-benda fashion berupa pakaian, sepatu, aksesoris, dan lainnya tak hanya memperindah penampilan, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hanya saja Anda harus benar-benar selektif dalam mengenakannya karena beberapa benda fashion tersebut bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan.

Berikut fashion item yang diam-diam berbahaya bagi kesehatan wanita seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (8/1/2017):

1. Rompers

Pakaian dengan model one-piece ini bisa membuat pemakainya tampak imut. Sayangnya, rompers tidak mudah dilepas. Hal ini tentu sangat mengganggu ketika keinginan berkemih datang tiba-tiba dan tidak bisa ditahan.

Penggunaan rompers jadi berbahaya bagi kesehatan apabila Anda kerap menahan pipis karena enggan bersusah payah melepasnya. Menahan pipis bisa menimbulkan nyeri di atas tulang pubis atau bagian belakang punggung, demam, nyeri ketika berhubungan intim, serta gejala lain yang mengiringi infeksi kandung kemih. Hal itu dijelaskan oleh Jill Rabin, M.D, profesor obstretri dan ginekologi di Hofstra North Shore-LIJ School of Medicine, New York.

Anda juga tak bisa menyiasati keinginan berkemih dengan membatasi minum ketika mengenakan rompers. Kurang minum juga bisa menyebabkan infeksi kandung kemih dan memengaruhi sistem lainnya di tubuh. Tanpa asupan cairan yang cukup, kinerja organ tubuh perlahan melambat dan menimbulkan masalah kesehatan.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sweatband

2. Sweatband

Seperti nama dan fungsinya, sweatband memang menahan keringat. Tapi dampak buruknya, benda ini juga membuat bakteri berkumpul dan bertahan meski sudah dikeringkan.

Jadi, bila Anda mudah berjerawat, menggunakan sweatband berulang-ulang bisa menyebarkan bakteri dan memperparah jerawat. Risiko ini mungkin tak terlalu parah bagi kesehatan Anda, tapi bisa berdampak pada psikososial Anda, rasa percaya diri, dan memengaruhi kehidupan sosial.

3. Sandal jepit

Sandal jepit dengan desain menarik bisa jadi pilihan untuk gaya kasual Anda. Tapi menurut para ahli, sandal jepit membuat kaki terpapar pada bakteri, virus, jamur, hingga infeksi. Selain itu, penggunaan sandal jepit dalam waktu lama juga bisa menyebabkan nyeri tumit, mengubah bentuk jemari, serta berdampak pada postur tubuh dan memicu timbulnya nyeri di bagian lain tubuh.

4. Bra dengan kawat

Kawat yang menyangga bra dan pengaitnya biasanya terbuat dari nikel, bahan logam yang sering kali menyebabkan iritasi. Untuk melindungi diri, ada baiknya pilih bra tanpa kawat dan ganti semua bra yang kawatnya telah mencuat. Anda juga bisa memulas permukaan pengait berbahan nikel dengan kuteks bening agar nikel tak bersentuhan langsung dengan kulit.

5. Pakaian dalam warna-warni

Bahan pewarna pakaian bisa mengiritasi kulit di bagian intim yang cenderung lembut, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau mudah terkena infeksi. Demikian jelas Dr Owen Montgomery, ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di Drexel University College of Medicine, Philadelphia. Demikian juga dengan pakaian dalam berbahan sintetis warna-warni. Dia menyarankan bahan katun putih sebagai pilihan pakaian dalam terbaik.  

 

3 dari 3 halaman

Tas tangan

6. Tas tangan

Tas tangan dengan beragam desain, warna, dan bahan keluaran brand ternama memang menarik dan secara tak langsung menunjukkan kelas sosial pemakainya. Tapi benda fashion ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan bila terlalu berat.

Salah satu pundak yang digunakan untuk menopang tas dengan beban terlalu berat bisa mengembangkan nyeri pundak kronis seperti inflamasi dan benturan rotator cuff (kelompok otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu).

Idealnya, berat tas tangan atau tas pundak berkisar antara 2 hingga 3 persen dari keseluruhan berat tubuh individu. Selain itu, disarankan untuk membawa tas di tangan atau pundak kanan dan kiri secara bergantian untuk menghindari cedera pada salah satu lengan.

7. Anting-anting besar

Jenis anting-anting yang terlalu besar bisa merusak lubang tindikan di telinga. Menurut Huffington Post, lubang tindikan bisa melebar dan metal murah yang digunakan untuk bahan anting-anting bisa menyebabkan alergi.

8. Celana high-waisted

Anda pun perlu berhati-hati ketika memilih celana dengan model high-waisted. Sebaiknya pilihlah yang tidak terlalu ketat.

"Celana high-waisted bisa memberi tekanan pada perut dan menyebabkan heartburn," ujar DR Scott Schreiber, dikutip dari Bustle.

"Celana jenis itu juga menghambat Anda bernapas normal serta melemahkan otot inti," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini