Sukses

Waspada, Wanita Lebih Banyak Idap Penyakit Ketimbang Pria

Jika Anda beranggapan seorang wanita itu lemah dan banyak memiliki penyakit ketimbang pria, mungkin Ada benarnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda beranggapan seorang wanita itu lemah dan banyak memiliki penyakit ketimbang pria, mungkin Ada benarnya. Sebuah studi belum lama ini mengungkap alasannya.

Seperti dilansir Independent, Minggu (1/1/2017), peneliti berasumsi kalau hampir 80 persen wanita lebih rentan dan berisiko menderita penyakit autoimun, seperti seperti psoriasis, penyakit Crohn, dan rheumatoid arthritis.

"Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat. Dalam penelitian sebelumnya, hal ini mungkin berkaitan dengan hormon seperti estrogen dan testosteron," kata peneliti.

Kendati demikian, ilmuwan dari University of Michigan memutuskan untuk mendekati masalah ini dari sudut pandang baru. Dan mereka menemukan jawabannya, kuncinya adalah gen.

Peneliti menganalisis materi genetik dari 82 pria dan wanita sehat, mereka menemukan apa yang penulis Yun Liang, PhD gambarkan sebagai "perbedaan mencolok dalam ekspresi gen" antara jenis kelamin. Tim Liang mengidentifikasi 661 gen yang diekspresikan secara berbeda pada pria dan wanita, dan banyak dari mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh, juga telah dikaitkan dengan penyakit autoimun di masa lalu.

"Temuan ini menemukan bahwa gen pada pria dan wanita ini bukan hanya berkontribusi meningkatkan kerentanan penyakit tetapi aktivitas penyakit juga meningkat. Dalam konteks ini, kami mencatat bahwa menjadi perempuan adalah faktor
risiko terkuat untuk pengembangan autoimunitas," ujar peneliti.

Ilmuwan berharap, temuan baru mereka dapat digunakan untuk melawan dan mencegah penyakit di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini