Sukses

Manfaat Akupunktur Tak Hanya Mencerahkan Wajah

Akupunktur kecantikan yang memusatkan tusukan-tusukan jarum pada titik-titik wajah tertentu mampu membuat wajah cerah bersinar.

Liputan6.com, Depok, Jawa Barat Sejak dulu, akupunktur telah menjadi pengobatan dan perawatan alternatif yang efektif bagi sejumlah orang. Salah satu jenis akupunktur yang digandrungi wanita, yaitu akupunktur kecantikan. Akupunktur kecantikan ini memusatkan tusukan-tusukan jarum pada titik-titik meridien di wajah yang berguna untuk membuat wajah cerah bersinar.

"Akupunktur kecantikan dapat mengurangi lemak di wajah melalui proses penggetaran tusukan jarum ke syaraf bagian wajah serta dapat melancarkan peredaran darah tubuh ke aliran muka sehingga membuat wajah cerah," jelas Lia Baryana, terapis Rumah Sehat Herbal Insani Cabang I Depok, Jawa Barat, saat ditemui Health-Liputan6.com, ditulis Kamis (10/11/2016).

Sejauh ini efek samping akupunktur belum ada. Namun pada beberapa orang ada yang mengalami lebam karena tusukan jarum mengenai pembuluh darah. 

"Tapi (lebam-lebam) itu bisa hilang kayak kita pas ambil darah. Tusukan jarum bisa salah kena pembuluh darah karena kita tidak tahu di dalam pembuluh darah itu ada (permasalahan) apa. Kalau efek kronisnya tidak ada," jelas Lia Baryana, terapis Rumah Sehat Herbal Insani Cabang I Depok, Jawa Barat, saat ditemui Health-Liputan6.com, Selasa (8/11/2016).

Yana, sapaan akrabnya, juga mengungkapkan, akupunktur kecantikan pada titik-titik tertentu di wajah disesuaikan kebutuhan pasien yang bersangkutan. Kalau pasien menginginkan wajah bersinar biasanya penusukan jarum dilakukan di kantung mata, sedangkan pasien yang menginginkan wajah tirus, jarum ditusuk pada pipi. Ada juga akupunktur kecantikan untuk memberikan garis senyuman lebih jelas terlihat.

Pada umumnya, akupunktur bertujuan untuk membuat wajah terlihat fresh (segar) dan auranya keluar sempurna. Bila peredaran darah ke wajah sudah lancar, maka muka Anda akan segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Pola Makan

Perbaiki Pola Makan

Untuk mendukung wajah cerah alami, pasien dianjurkan lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan. Sedangkan karbohidrat sebaiknya dibatasi. Konsumsi obat-obatan herbal juga mendukung kecerahan wajah pasien. Tanpa adanya pola makan teratur dan hanya mengandalkan akupunktur saja, efek yang dirasakan sedikit.

Tidak Sebabkan Alergi

"Banyak kasus pasien yang punya muka sensitif. Paling cuma mukanya merah saja. Tapi nanti akan hilang warna merahnya. Sejauh ini (akupunktur kecantikan) juga tidak terlalu berisiko untuk kulit sensitif," ungkap Yana.

Yana sedang memberikan terapi akupuntur kecantikan (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Ia menambahkan, akupunktur kecantikan aman dilakukan pada semua jenis wajah. Bahkan jika pasien cenderung berjerawat, maka jerawat bisa mengecil dan mengering. Namun tusukan jarum akupunktur tidak boleh mengenai jerawat. 

"Proses pengecilan dan pengeringan jerawat membutuhkan waktu yang berbeda tiap pasien. Hal ini tergantung pola makan dan tingkat wajah sensitif. Lalu juga tergantung bagaimana cara seseorang membersihkan wajahnya. Jadi, tidak bisa disamakan antara kulit satu dengan yang lain," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini