Sukses

Yuk Konsumsi Bawang Merah, Ini Manfaatnya

Selama ini orang lebih memperhatikan manfaat bawang putih dibandingkan bawang merah.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini orang lebih memperhatikan manfaat bawang putih dibandingkan bawang merah. Padahal bawang merah bisa membantu mencegah penyakit jantung, para peneliti mengklaim.

Mereka telah menemukan bahwa bawang merah yang biasa digunakan dalam masakan India dan Mediterania membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Pada saat yang sama, bawang merah juga mempertahankan kolesterol baik dalam tubuh yang membantu melindungi jantung. Para ilmuwan dari Hong Kong melakukan percobaan pada hamster yang telah menjalani diet kolesterol tinggi.

Dan mereka menemukan bahwa setelah delapan minggu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) turun rata-rata 20 persen, dilansir laman Dailymail, Kamis (3/11/2016).

Zhen Yu Chen, yang bertanggung jawab atas penelitian mengatakan, "Meskipun banyak penelitian terhadap bawang, sedikit yang diketahui tentang bagaimana mengonsumsi bawang merah bisa berinteraksi dengan gen manusia dan protein yang terlibat dalam metabolisme kolesterol dalam tubuh. Penelitian kami lakukan untuk mengkarakterisasi interaksi bawang merah dengan enzim dalam upaya mengeksplorasi mekanisme penurun kolesterol."

"Studi ini yang pertama untuk menyelidiki interaksi bawang merah dengan fungsi biologis. Hasilnya mengatakan bahwa konsumsi bawang merah secara rutin mengurangi risiko penyakit jantung koroner," lanjutnya.

Sayangnya bawang putih lebih populer di Inggris. Bawang merah hanya dipakai pada masakan di India, Mediterania dan Timur Tengah. Padahal bawang merah lebih manis dari bawang putih, dan kerap dikonsumsi mentah dalam salad.

Di Cina, orang makan lebih banyak bawang merah dan bawang putih dari negara lain. Sebanyak 40 persen risiko kanker perut rendah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini