Sukses

Amandel Sering Radang, Kapan Perlu Diangkat?

Liputan6.com, Jakarta Radang tenggorok bisa membuat amandel (tonsil) bengkak. Pada sebagian orang ukuran amandel lebih besar dari ukuran yang lain sehingga perlu dilakukan operasi. Namun tidak semua amandel besar perlu di operasi.

"Jika ukuran tonsil besar lalu tidak ada keluhan tidak perlu dilakukan operasi," kata Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, dokter Syahrial M. Hutauruk SpTHT-KL (K).

Namun bila ada keluhan tertentu yang membuat kualitas hidup pasien jadi tidak maksimal direkomendasikan untuk lakukan pengangkatan amandel. Keluhan pasien yakni:

1. Sering mengorok saat tidur

Ukuran amandel yang besar bisa mengganggu saluran pernapasan sehingga seseorang yang memiliki riwayat amandel (bengkak) dapat mengorok saat tidur.

2. Kambuh lebih dari 3 kali setahun

Individu yang sering alami radang tenggorok lebih dari tiga kali setahun itu akan mengganggu produktivitas kerja. "Bila kondisinya seperti ini dianjurkan untuk dibung," kata Syahrial dalam acara Betadine Obat Kumur di Jakarta, ditulis Rabu (2/11/2016).

Ada juga penelitian yang menyebutkan bila pasien mengalami dua keluhan di atas lalu amandel diangkat pasien lebih memeroleh lebih banyak manfaat. "Penelitian sebutkan pengangkatan tonsil dengan keluhan-keluhan tersebut bisa memperbaiki kualitas hidupnya," kata Syahrial.

Dua Petani Tewas Tertabrak di Tepi Sawah

Tutup Video
Loading