Sukses

7 Makanan Berlemak yang Diperlukan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Lemak merupakan hal yang paling ditakuti oleh orang dengan kelebihan berat badan. Orang yang sedang diet akan menghindari lemak untuk menjaga berat badannya tetap stabil.

Namun, lemak juga memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Pastikan Anda hanya mengonsumsi lemak baik seperti yang terdapat pada minyak zaitun, avokad, kacang-kacangan, ikan sarden dan salmon.

Makanan yang mengandung lemak baik utuh seperti berikut ini dapat meningkatkan kualitas kolesterol baik, fungsi kognitif dan metabolisme.

1. Avokad

Buah hijau ini kaya dengan lemak omega-9 dan membuat kulit sehat serta hormon seimbang. Avokad juga kaya serat sehingga dapat mempertahankan kesehatan pencernaan. Avokad mengandung elektrolit seperti potasium, yang bisa meningkatkan kesuburan, dilansir dari laman Prevention, Minggu (30/10/2016).

2. Susu tinggi lemak

Diet dengan memperbanyak asupan sayuran, tidak akan membuat Anda kelebihan lemak dari daging. Karenanya, mengonsumsi makanan yang berasal dari susu tinggi lemak bisa saja dilakukan.

Beberapa studi terbaru menunjukkan, lemak pada susu tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, atau stroke. Ini mungkin karena lemak dapat berinteraksi dengan nutrisi lainnya.

3. Dark chocolate

Dark chocholate atau cokelat hitam bisa melindungi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan, tubuh membutuhkan sekitar 200 mg antioksidan flavonol untuk meningkatkan aliran darah sehingga bisa membuat jantung tetap sehat.

Pastikan Anda mengonsumsi cokelat yang alami. Anda lebih baik menambahkan bubuk cokelat dibanding menambahkan gula pada minuman Anda.

 

2 dari 2 halaman

Butter

4. Butter

Butter merupakan lemak sehat, terutama yang berasal dari sapi pemakan rumput. Lemak susu dari sapi yang makan rumput mengandung lebih banyak vitamin yang larut dalam lemak terutama vitamin K2 yang membantu tubuh memanfaatkan kalsium dengan tepat dan mengeluarkannya dari arteri di mana ia bisa mengendap dan menyebabkan masalah serius pada tulang.

5. Biji chia

Selain ikan, makanan biji-bijian ini merupakan sumber omega-3. Biji-bijian ini bermanfaat untuk antiperadangan dan kandungan senyawa lignan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol dan serat sehat yang menjaga kesehatan jantung.

6. Kuning telur

Kuning telur merupakan makanan yang kaya lemak dan merupakan sumber vitamin A, kolin, vitamin B dan selenium yang tinggi. Kuning telur dari ayam kampung mengandung vitamin D dan karotenoid, antioksidan yang memberikan warna kuning atau oranye pada kuning telur.

7. Kacang dan selai kacang

Tak hanya padat kalori, kacang juga padat nutrisi antara lain serat, protein, antioksidan dan berbagai vitamin juga mineral yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi efek dari sindrom metabolisme.

Makan satu porsi kacang, khususnya kenari, terbukti bisa mencegah penyakit Alzheimer, meningkatkan ingatan dan mengurangi depresi.