Sukses

Waspadai 7 Penyebab Alergi Paling Umum

Liputan6.com, Jakarta Reaksi alergi bukan hanya soal gatal dan sesak napas. Dalam beberapa jenis, alergi ada yang bersifat ringan dan fatal hingga berisiko meninggal dunia.

Maka itu, perlu untuk mewaspadai penyebab alergi dari makanan, cuaca hingga kontak kulit. Berikut ini beberapa penyebab alergi paling umum, seperti dilansir Healthline, Jumat (28/10/2016):

1. Alergi suhu udara

Bila Anda pernah mendengar ada istilah untuk alergi matahari ketika kondisi kulit gatal dan memerah. Ternyata hal ini bukan disebabkan oleh matahari, melainkan orang tersebut mengalami alergi terhadap suhu panas.

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) beberapa waktu lalu sempat menyatakan, dalam kondisi tertentu, sel mast dalam tubuh yang merupakan salah satu sel tubuh manusia yang memproduksi dan bisa melepaskan suatu senyawa yang disebut histamin akan menyebabkan berbagai reaksi di tubuh seperti gatal, bengkak, sesak nafas dan sebagainya. Dalam kasus ini, antibodi tidak bisa
menahan suhu ekstrem tersebut. 

2. Alergi binatang dan serangga

Hewan juga bisa menyebabkan reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap kucing, anjing, atau hewan lain misalnya, Anda cenderung bersin, sesak, gatal-gatal dan ruam. 

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam gatal kemerahan, yang muncul akibat kontak dengan zat tertentu. Ruam yang muncul akibat peradangan ini tidak menular atau berbahaya, tapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. 

 

2 dari 3 halaman

4. Makanan

4. Makanan

Alergi makanan merupakan jenis paling umum yang mempengaruhi wajah. Tingkat keparahan alergi makanan bervariasi. Anda mungkin merasa sakit perut setelah mengonsumsi makanan tertentu, atau ada juga yang mengalami ruam atau pembengkakan di sekitar bibir mereka.

Dalam kasus terparah, alergi makanan bisa mengancam jiwa karena menyebabkan lidah dan tenggorokan membengkak. 

5. Alergi obat

Alergi obat biasanya menyebabkan ruam kulit pada wajah dan lengan, gatal-gatal, pembengkakan umum dari wajah, dan anafilaksis.

6. Eksim

Penyebab eksim, atau dermatitis atopik, tidak begitu dipahami. Tapi yang jelas, orang eksim cenderung memiliki alergi terhadap sesuatu, khususnya makanan.

7. Anafilaksis

Anafilaksis adalah jenis alergi yang paling parah. Anafilaksis atau syok anafilaksis bisa berkembang cepat dan mengancam nyawa. Tidak seperti reaksi alergi lain, gejala-gejala anafilaksis antara lain:

- sesak di tenggorokan dan dada
- pembengkakan wajah, bibir, dan tenggorokan
- gatal-gatal atau ruam merah di seluruh area tubuh
- kesulitan bernapas atau mengi
- pucat ekstrem atau kemerahan di wajah 

 

3 dari 3 halaman

Diagnosis dan pengobatan


Diagnosis dan pengobatan

Dengan pengecualian reaksi anafilaksis, Anda bisa mendapatkan pengobatan alergi dengan mengonsultasikan diri ke dokter secepatnya. Dalam beberapa kasus, ada beberapa obat yang dijual bebas di pasaran seperti antihistamin yang dapat membantu tubuh Anda berhenti bereaksi terhadap alergen dalam beberapa menit.

Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan ruam atau gatal-gatal, ingat kembali apa yang telah Anda makan dan lakukan sebelumnya. Hal ini berguna untuk menperjelas diagnosis saat konsultasi dengan dokter.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan