Sukses

Kenapa Napas Lebih Bau Saat Bangun Tidur?

Liputan6.com, Jakarta Seringkah Anda merasa napas lebih bau dari biasanya saat bangun tidur?Dentist.net menjelaskan bahwa bakteri alami adalah penyebab utama dari bau napas di pagi hari.

Termasuk berkurangnya produksi air liur pada saat tidur yang membuat mulut menjadi kering dan menurunkan oksigen dalam mulut.

Pada kondisi tersebut bakteri anaerob tumbuh subur di dalam mulut yang kering dan secara perlahan menggerogoti sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi, air liur, atau bagian dalam mulut lainnya.

F.L. Suarez dan rekan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dental Research, mengatakan bahwa pemecahan protein dalam mulut yang menghasilkan gas sulfur menjadi penyebab utama dari napas bau. Studi mengukur bahwa kehadiran gas tersebut yang terdapat dalam napas delapan orang dewasa, menyebabkan napas bau menyengat di pagi hari.

Untuk meringankan napas bau, para peneliti menyarankan untuk selalu berkumur dengan obat kumur di malam dan pagi hari, tidak lupa menyikat gigi, dan selalu minum air satu gelas setiap pagi untuk menurunkan tingkat sulfur dalam mulut. Seperti dikutip laman Live Strong, ditulis Jumat (14/10/2016).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS