Sukses

Sehatkah Minum dari Gelas yang Sama Berulang Kali?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin memiliki gelas untuk minum setiap hari di rumah atau pun kantor. Terkadang, gelas ini sering lupa untuk diganti dan dicuci selama beberapa hari.

Memakai gelas yang sama selama berhari-hari bisa membuat Anda terkena penyakit, karena Anda secara tidak sengaja telah membuat tempat bakteri, mikroba, dan parasit berkembang biak. Mikroorganisme ini membutuhkan lingkungan yang lembap untuk bertahan hidup.

Gelas yang dipakai selama berulang kali menjadi tempat masuk bakteri dan mikroba dari mulut ke gelas. "Jika Anda sakit dan bakteri menempel di gelas yang tidak kering benar sebelum Anda menggunakannya lagi, bisa membuat bakteri cukup waktu untuk meniru penyakit dan menyebabkan Anda sakit lagi," kata Aaron Margolin, profesor mikrobiologi di University of New Hampshire.

Sementara itu, sumber air yang Anda minum juga bisa memicu perkembangan bakteri. Tidak seperti air keran, air kemasan dan air yang telah dimasak tidak secara otomatis mengandung klorin untuk membantu menghentikan pertumbuhan bakteri.

Dilansir Prevention, Jumat (14/10/2016), hindari meminum air dari gelas yang sama karena Anda bisa tertular bakteri, virus dan parasit usus yang bisa membuat Anda terkena radang perut atau diare.

Bagaimana mencegah bakteri masuk ke tubuh lewat gelas? Pastikan Anda menggunakan gelas kaca. Patogen, organisme yang membuat Anda sakit sering muncul dari sesuatu atau seseorang. Jika memakai gelas kaca, tidak ada celah bagi bakteri untuk tumbuh asal pastikan menggunakannya dalam keadaan kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Pada dasarnya, jika Anda membatasi penggunaan gelas atau cangkir tidak dipakai bersama-sama dan memastikan air yang diminum bersih, begitupun gelasnya, Anda tidak akan rentan dengan penyakit meski menggunakan gelas yang sama berulang kali.