Sukses

10 Cara Turunkan Berat Badan Selama Menstruasi

Kebanyakan wanita selama menstruasi berat badannya bertambah

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan wanita selama menstruasi berat badannya bertambah. Beberapa wanita ada yang berat badannya naik 2 kilogram (kg) setiap kali menstruasi. Penyebabnya perubahan hormon di dalam tubuh sehingga kadar estrogen dan progesteron kemungkinan kurang membakar lemak.

Sebenarnya, wanita bisa melakukan beberapa cara ini agar berat badannya turun selama menstruasi seperti dilansir Healthaim:

1. Minum banyak air

Hindari tubuh dari dehidrasi karena bisa membuat kram, bahkan lebih menyakitkan dan menyebabkan kembung berat. Air tidak akan menambah berat badan. Jangan takut untuk minum banyak air. Air sebenarnya membantu mengurangi retensi air.

2. Kenali tubuh Anda

Ingatlah tanggal mulai dan akhir siklus menstruasi Anda. Siklus menstrual dapat dibagi menjadi tiga: fase folikuler (dari hari 1 sampai 13), yang merupakan paruh pertama siklus Anda; fase luteal (dari hari 15 sampai 28), dan terakhir adalah fase pramenstruasi.

3. Fokus pada Body Building selama fase folikuler

Pada fese ini estrogen meningkat sehingga dapat membantu membangun otot. Cobalah latihan pembentukan tubuh tiga kali seminggu, serta tiga set dengan intensitas sedang.

4. Fokus pembakaran lemak selama fase luteal

Untuk menurunkan berat badan lebih cepat, cobalah melakukan sprint atau latihan lainnya dengan intensitas tinggi dalam durasi yang lebih singkat.

5. Diet

Pada fase pertama Anda harus melakukan diet dengan asupan kalori dan karbohidrat yang normal. Namun, menurunkan karbohidrat selama fase luteal.

6. Jangan takut cokelat

Saat kadar hormon Anda berfluktuasi dari tinggi ke rendah, cokelat dapat membantu menstabilkan. Cokelat meningkatkan kadar serotonin yang mencegah Anda ingin makan terus. Itu artinya Anda mengurangi asupan makanan yang tidak perlu.

7. Hindari daging merah

Sebisa mungkin, menghindari asupan lemak jenuh, terutama daging merah. Daging mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang meningkatkan kadar estrogen.

8. Katakan tidak untuk makanan cepat saji

Keinginan makan yang berlebihan biasanya membuat Anda memilih makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji atau makanan olahan di lemari es Anda mengandung banyak garam.

9. Minum suplemen zat besi

Wanita rawan kelelahan karena kadar zat besi rendah. Hal ini menyebabkan perubahan suasana hati dan perasaan 'down' yang memungkinkan keinginan makan meningkat. Minum suplemen zat besi membantu mengurangi kelelahan.

10. Stop mengasihani diri sendiri

Terakhir, setiap orang harus tahu bahwa berat badan naik selama periode menstruasi Anda hanya sementara. Jadi, pada saat Anda merasa kesal berat badan bertambah ketahuilah Anda tak sendirian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.