Sukses

Temukan Cara Melawan Rasa Takut terhadap Jarum Suntik di Sini

Respons setiap manusia ketika disodorkan jarum suntik dan hal seperti darah berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda pergi ke rumah sakit untuk berobat, tiba-tiba dokter meminta Anda untuk disuntik atau diambil darah. Mungkin bagi orang yang membenci jarum suntik, hal ini sangat menyeramkan.

Apa yang Anda alami itu disebut respons vasovagal, yaitu refleks yang terjadi ketika tubuh Anda bereaksi secara berlebihan terhadap pemicu tertentu, seperti darah atau jarum suntik.

Pemicu itu kemudian merangsang saraf yang membuat detak jantung melambat dan tekanan darah Anda menjadi turun. Akibatnya, Anda mungkin tiba-tiba merasa tubuh menjadi hangat, pusing, wajah berubah memucat, bahkan pingsan.

Agar tekanan darah tidak turun ketika rasa pusing datang, coba lakukan teknik ini. Caranya, kencangkan semua otot-otot dalam tubuh Anda selama 10-15 detik, kemudian lepaskan selama 20-30 detik, dan ulangi terus. Hal ini akan membantu meningkatkan tekanan darah Anda, sehingga mengurangi kemungkinan Anda untuk pingsan.

Selain itu, coba minta suster atau dokter agar Anda bisa berbaring ketika akan disuntik. Kemudian palingkan wajah ke arah lain sehingga Anda tidak dapat melihat jarum memasuki lengan atau melihat darah yang mengalir, seperti dilansir dari Fox News, Jumat (7/10/2016).

Mereka yang berkecimpung di dunia medis atau kedokteran belum bisa tahu pasti alasan mengapa beberapa orang memiliki respons vasovagal dan yang lainnya tidak.

Namun kabar baiknya adalah, hal ini biasanya tidak berbahaya dan Anda pun juga tidak berobat untuk memulihkannya, jika hal ini memang terbukti tidak secara langsung atau dalam skala besar, mengganggu kualitas hidup Anda.

Namun jika reaksi Anda terjadi secara konstan dan kian menjadi parah dari waktu ke waktu, misalnya ketika sedang mendapatkan suatu imunisasi, tes medis, atau operasi, maka sangat disarankan untuk Anda mendapatkan bantuan profesional dari seorang psikolog.

Psikolog akan membantu Anda melalui ketakutan Anda dengan menggunakan terapi tertentu yang dilakukan secara rutin guna terciptanya diri Anda yang baru dan lebih kuat dalam menanggapi hal-hal yang sebelumnya dianggap menakutkan, mengerikan dan menggelikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.