Sukses

6 Cara Mudah Atasi Sariawan

Selain obat yang dijual di apotek, Anda pun bisa mengobati sendiri sariawan dengan enam cara berikut

Liputan6.com, Jakarta Sariawan seringkali datang tiba-tiba. Ketika sariawan muncul di dalam mulut, rasa perih pun tak terhindarkan dan membuat kita tak bisa menikmati makanan.

Sariawan adalah luka terbuka yang terbentuk di jaringan lunak dalam mulut dan biasanya pada bibir dan pipi bagian dalam, gusi dan lidah. Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan.

Menurut dokter gigi di Virginia Utara, Bill Cructhfield, sariawan biasanya dipicu karena gigitan kecil yang melukai dinding dalam pipi, atau iritasi di mulut, kekurangan gizi dan bisa juga karena alergi makanan. U.S National Library of Medicine menambahkan, penyebab sariawan disebabkan perubahan hormonal, riwayat keluarga, kekebalan tubuh melemah dan memiliki dua kromosom X, yang biasanya lebih sering dialami wanita dibanding pria.

Selain obat yang dijual di apotek, Anda pun bisa mengobati sendiri sariawan seperti yang dikutip laman Prevention, Senin (19/9/2016) berikut.

1. Hindari makanan asam dan manis
Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lama yang menyebabkan sensasi terbakar dan memperlambat proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut Anda juga mengubah gula menjadi asam. Inilah penyebab utama kerusakan pada gigi dan bisa memperpanjang sariawan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganti pasta gigi

2. Ganti pasta gigi Anda
Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang membuat busa pada produk pasta gigi dan obat kumur, dapat memicu sariawan. Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang bebas SLS.

3. Berkumur air garam
Ini salah satu metode yang sering dianjurkan dokter gigi. Garam membersihkan dan mengeringkan luka untuk membantu menyembuhkannya. Ini juga bisa menghentikan rasa sakit sementara. Namun, berkumur air garam bisa terasa sangat menyakitkan di awalnya sebelum akhirnya mati rasa. Campur satu sendok teh garam dalam segelas kecil air. 

4. Kumur dengan baking soda
Baking soda adalah alkali sehingga membantu menetralkan asam di mulut yang teriritasi, sembari membersihkan dan meredakan rasa sakit di saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat, kemudian kumur beberapa kali selama beberapa menit. 

3 dari 3 halaman

Kumur dengan hidrogen peroksida

5. Kumur dengan hidrogen peroksida
Cruthfield merekomendasikan membilas sariawan dengan hidrogen peroksida, seperti menggunakan obat kumur. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik sehingga bisa membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan. Sesaat ini akan terasa sakit dan merasa semua bagian mulut bersih. Larutkan setengah sendok hidrogen peroksida dengan setengah gelas air.

6. Bilas susu magnesium
Susu magnesium tak hanya bisa menyembuhkan maag dan sembelit tetapi juga sariawan. Seperti baking soda, susu magnesium adalah alkali yang menetralkan asam perut, dalam hal ini luka sariawan. Susu magnesium juga membentuk lapisan atas luka yang membantu melindungi dari iritasi sementara. Selain dibilas, bisa juga dioleskan langsung ke sariawan.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini