Sukses

5 Fakta Sehat Tentang Cabai

Selain nikmat rasanya, cabai juga memiliki manfaat sehat. Simak lima fakta sehat dari cabai berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang menyukai rasa pedas, cabai adalah bahan makanan yang tidak boleh ketinggalan di setiap santapan mereka. Apalagi rasa pedas dari cabai mampu membuat lidah ketagihan dan membuat makan jadi lebih lahap.

Selain rasa yang nikmat, rupanya cabai juga memiliki manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh. Seperti dikutip laman Nutrition and You, ditulis Minggu (11/9/2016) simak lima fakta sehat dari cabai berikut ini.

1. Senyawa dalam cabai yang menyehatkan

Senyawa alkaloid dan capsaicin dalam cabai bersifat anti-bakteri, anti-karsinogenik (zat yang menyebabkan kanker), dan anti-diabetes yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa kedua senyawa dalam cabai tersebut mampu mengurangi kadar kolesterol LDL pada orang obesitas.

2. Sumber vitamin C

Baik cabai merah dan hijau ternyata merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Sebesar 100 gram cabai menyediakan sekirar 143,7 miligram vitamin C.

Sifat antioksidan dari vitamin C ini diperlukan dalam proses pembentukan kolagen pada tubuh--seperti menjaga pembuluh darah, kesehatan kulit, organ bagian dalam, dan tulang. Bahkan mengonsumsi vitamin C secara teratur mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kudis, resistensi terhadap infeksi, dan mengusir radikal bebas.

3. Kaya vitamin A

Selain vitamin C, cabai juga memiliki vitamin A dan flavonoid yang tergolong dalam zat-zat antioksidan. Vitamin tersebut secara efektif melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan stres dan beragam penyakit.

4. Mengandung kalium

Jumlah kalium, zat besi, dan magnesium dalam cabai ternyata tergolong banyak dan baik untuk mengisi kebutuhan sel dan cairan tubuh yang mampu bantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

5. Vitamin B

Vitamin B1 dan B6 pada cabai juga menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini