Sukses

Olahraga Bikin Kulit Lebih Indah, Ini Buktinya

Mulai dari memperlambat penuaan serta melancarkan pori-pori tersumbat. Begini cara olahraga bikin kulit wanita lebih indah.

Liputan6.com, Jakarta Anda, khususnya kaum perempuan, masih kurang motivasi dalam berolahraga? Padahal, selain bisa membentuk tubuh dan membuat suasana hati lebih baik, rutin berolahraga mampu membuat kulit jadi lebih indah seperti dituturkan pakar. 

"Olahraga mampu memberikan kejutan yang membuat Anda jadi lebih cantik," kata dermatolog, Mona Gohara.

Mulai dari memperlambat penuaan hingga mengencangkan kulit merupakan dua dari sekian banyaknya manfaat olahraga. Berikut selengkapnya seperti dikutip laman Women's Health, Rabu (7/6/2017).

1. Kulit sehat

Olahraga membuat tubuh berkeringat dan hal tersebut mampu membuat sirkulasi darah jadi baik. "Saat sirkulasi darah mengalir dengan baik, itu membawa nutrisi dan air ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit," tutur Gohara.

2. Memperlambat penuaan

Olahraga menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres. "Dengan menurunnya kadar kortisol, itu mampu membantu menunda penuaan pada tubuh," kata Gohara.

3. Mencegah kerut halus datang terlalu cepat

Mengonsumsi makanan manis kaya gula memang menyenangkan. Namun semakin banyak Anda mengonsumsi makanan tersebut, kerutan halus dan kulit mengendur datang lebih cepat.

"Namun olahraga bisa membantu melawan hal tersebut," kata Gohara.

Mengapa bisa? Kandungan gula pada tubuh bisa merusak kolagen dan elastin yang penting bagi kesehatan kulit. Namun jika rajin berolahraga, kadar gula darah bisa turun. Alhasil kulit pun jadi jauh dari kerutan halus. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurangi jerawat

4. Membersihkan pori-pori

Olahraga pasti membuat tubuh berkeringat dan hal ini baik untuk melepas racun dari tubuh. Selain itu olahraga mampu mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit.

"Olahraga membuat pori-pori tak lagi tersumbat, tapi juga mendorong partikel-partikel make-up yang masuk terlalu dalam di kulit wajah," kata Gohara.

Selain itu, bagi orang yang berjerawat, olahraga mampu mengurangi kehadiran bakteri penyebab jerawat.

5. Mengencangkan kulit

Siapa yang tak mau punya kulit kencang? Tentu semua orang menginginkannya. Tak hanya lari, olahraga low-impact seperti pilates dan yoga pun bisa mengurangi selulit dan mencegah kulit mengendur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.