Sukses

Musik Sangat Mempengaruhi Kecerdasan Manusia

Musik sangat mempengaruhi perkembangan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional seorang anak sejak kecil.

Liputan6.com, Jayapura: Musik sangat mempengaruhi perkembangan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional seorang anak sejak kecil. Sebab, tiga bagian penting, yakni beat, ritme, dan harmoni berpengaruh bagi tubuh, jiwa dan rohnya. Tak aneh, bila seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya. Ini bisa dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Psikolog Indah Renata menjelaskan, musik yang dimaksud memiliki irama dan nada teratur seperti musik klasik. "Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia," jelasnya kepada ANTARA di Jayapura, Papua, Selasa (12/1).

Ia juga menambahkan: "Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmoni mempengaruhi roh," ujar Indah.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini