Sukses

Simak, Beberapa Cara Ini Dapat Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Liputan6.com, Jakarta Nyeri pada bagian perut kerap dirasakan oleh beberapa wanita yang sedang memasuki masa haid. Selain rasa nyeri yang begitu menyiksa, nyeri saat haid juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri haid umumnya dirasakan wanita menjelang masa haid hari pertama hingga ketiga.

Namun nyeri saat haid ini belum bisa dipastikan penyebabnya, bahkan beberapa dokter spesialis kandungan mengatakan ini merupakan penyakit aneh yang dialami wanita.

Seperti yang dikatakan Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG(K), nyeri yang berlebihan saat haid tersebut bisa merupakan tanda bahwa ada kelainan pada rahim perempuan. Kelainan tersebut dikenal dengan istilah kedokteran endometriosis.

"Endometriosis itu penyakit misterius dan aneh. Dan hanya dialami oleh satu dari 10 perempuan," kata Ali Baziad, staf pengajar pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, seperti yang dikutip di laman Antara.

Dengan terjadinya hal seperti ini, para wanita yang merasakan nyeri haid, harus melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa nyeri yang dideritanya. Dari beberapa sumber, cara berikut ini dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri saat haid :

Olah Raga

Para wanita biasanya tahu, tanggal berapa saja mereka akan mengalami haid. Untuk mengurangi nyeri haid, cobalah untuk berolahraga seminggu sebelum haid tiba. Pilihlah olahraga yang membuat tubuh bergerak seperti jogging, skipping, atau dapat melakukan senam ringan.

Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : Berapa Kali Warga Inggris Berhubungan Seks dalam Seminggu?. Yuk, berbagi di Forum Liputan6. 

Estrin Vanadianti Lestari, dari Universitas Pancasila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.