Sukses

Studi: Sayuran Hijau Turunkan Risiko Glaukoma

Tak hanya sistem pencernaan jadi lancar, kesehatan mata pun lebih baik bila Anda rutin makan sayuran hijau.

Liputan6.com, New York- Glaukoma adalah penyakit penglihatan karena tekanan tinggi pada cairan mata yang merusak saraf. Namun pada Anda--yang sejak usia muda gemar mengonsumsi sayuran hijau secara signifikan memiliki risiko rendah terkena glaukoma.

Berdasarkan data lebih dari 100.000 orang dewasa Amerika Serikat, mereka yang gemar mengonsumsi makanan tinggi nitrat, risiko kena glakukoma 21 persen lebih rendah dibandingkan yang jarang konsumsi makanan tersebut pada usia lanjut.

Biasanya asupan nitrat paling tinggi terdapat sayuran hijau seperti kale dan bayam seperti dikutip laman Fox News, Kamis (14/7/2016).

Asupan makanan yang mengandung nitrat akan diubah tubuh menjadi oksida nitrat yang akan membuat aliran darah.

"Oksida nitrat itu penting untuk menjaga aliran darah tetap optimal dan beberapa bukti menunjukkan hal ini penting dalam menjaga tekanan pada cairan mata rendah," tutur pemimpin studi dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, Jae H. Kang.

Glaukoma merupakan penyakit yang diam-diam tidak memberikan gejala. Keluhan pada penglihatan biasanya muncul ketika sudah berkembang parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.