Sukses

6 Hormon Kehamilan yang Mengubah Tubuh

Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada diri Anda ketika sedang hamil.

Liputan6.com, Jakarta kehamilan merupakan saat yang paling dinantikan oleh seorang perempuan yang menginginkan dirinya memiliki seorang buah hati dambaan keluarga (family hoping). Terjadinya kehamilan menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang baik, dan tidak ada masalah kesehatan. 

Namun ketika Anda hamil, beberapa perubahan fisik dan perubahan emosional terjadi pada diri Anda. Tentunya hal ini mempengaruhi segala sesuatu dari tubuh Anda, mulai dari payudara sampai suasana hati.

Dilansir dari self, Senin (4/7/2016), berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada diri Anda ketika sedang hamil:

1. Ukuran payudara membesar

Ukuran payudara yang membesar merupakan persiapan Anda untuk menyusui nanti. Payudara yang membesar dapat terjadi pada setiap poin kehamilan, dan semakin bertambah usia kehamilan Anda, maka payudara akan menjadi lebih besar.

"Payudara yang sudah membesar, biasanya tidak akan mengalami kebocoran air susu sebelum bayinya dilahirkan," kata asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi, Noel Strong, M.D., di the Icahn School of Medicine, Mount Sinai.

Namun, Anda jangan berharap payudara akan kembali normal, "Payudara wanita cenderung akan berubah selamanya setelah hamil dan menyusui," ujarnya. Setelah menyusui, beberapa wanita mungkin akan melihat payudara mereka mendekati bentuk alaminya, namun elastisitas nya tidak sama. Dan pada beberapa kasus, payudara bisa menjadi “kempis” dan lebih kecil, sementara yang lain mungkin akan tetap besar.

2. Kulit seperti remaja lagi

Dorongan hormon selama masa kehamilan dapat memicu tumbuhnya jerawat seperti masa remaja dulu. Jika Anda terganggu dengan hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menggunakan pengobatan yang sesuai untuk kehamilan.

3. Rambut lebih tebal dari sebelumnya, lalu rontok

Berkat perubahan hormon selama masa kehamilan, rambut Anda akan tebal disertai dengan kuku yang lebih kuat. Namun tiga bulan setelah melahirkan, karena hormon kembali normal, rambut Anda akan mulai rontok.

"Rasanya seperti kerontokan rambut yang terus menerus dan hal tersebut sering membuat wanita panik. Namun sebenarnya itu adalah sesuatu yang umum terjadi. Biasanya kerontokan akan selesai sekitar setahun setelah melahirkan," ujarnya. 

4. Kaki membesar

Hormon relaxin yang diproduksi saat hamil, akan membuat Anda tidak bisa menggunakan sepatu favorit Anda dulu. Hal ini terjadi karena relaxin dirancang untuk melonggarkan ligamen disekitar panggul Anda dalam persiapan melahirkan.

5. Suasana hati yang berubah-ubah

Strong menjelaskan, hal ini mungkin terdengar klise, namun sangat normal bagi Anda yang mengalami perubahan suasana hati saat hamil.

6. Muncul bercak kecoklatan di kulit

"Kulit yang menggelap adalah hal yang umum saat hamil. Banyak wanita akan memiliki linea nigra, yaitu garis hitam di perut. Mereka juga bisa mendapatkan melasma, yaitu ruam berpigmen di pipi," ujar Strong. Garis hitam pada perut saat hamil, akan menghilang dengan sendirinya, begitu juga dengan melasma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.