Sukses

5 Kemungkinan Penyebab Kaki Kram di Malam Hari

Apa sebenarnya penyebab kram kaki di malam hari?

Liputan6.com, Jakarta Kram kaki di malam hari membuat kita merasa tak nyaman. Meski kram terjadi sebentar, tapi cukup merusak suasana tidur kita di malam hari.

Kebanyakan orang menganggap kram kaki sesuatu yang misterius, yang tidak diketahui penyebabnya. Namun, seperti dikutip dari situs Boldsky, Jumat (1/7/2016), di bawah ini terdapat beberapa penyebab kram, seperti:

1. Dehidrasi (kurang minum)

Penyebab paling umum dari kram di malam hari adalah dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh membuat otot menekan terlalu besar sehingga terjadinya kram.

2. Hipotiroid

Orang yang menderita hipotiroid sering mengalami kram kaki di malam hari. Ini adalah salah satu penyebab utama dari kram otot, kelelahan, dan merasa lemah.

3. Gula darah tinggi

Kadar gula darah tinggi adalah penyebab lain dari kram kaki di malam hari. Penting untuk Anda menjaga tingkat gula darah di angka yang stabil.

4. Efek samping obat

Kram kaki di malam hari bisa terjadi karena efek samping obat yang Anda konsumsi. Konsultasikan segera ke dokter.

5. Kelelahan

Terlalu lelah dapat melemahkan otot, yang nantinya menyebabkan kram kaki. Latihan yang terlalu berat juga dapat menyebabkan kram kaki di malam hari.

 

***Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini