Sukses

Jus Smoothie, Cara Tepat Isi Ulang Energi Usai Olahraga

Smoothie jus yang mengandung buah segar dan biji-bijian akan bekerja lebih efektif untuk mengganti energi dan nutrisi tubuh usai olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Usai berolahraga tentunya tubuh merasa lelah dan membutuhkan pengisi energi tercepat. Bukan berarti setelah berolahraga Anda perlu mengambil sepiring makanan yang tinggi karbohidrat atau protein. Olahraga akan sia-sia jika Anda membiasakan hal tersebut.

Mengutip laman Prevention, Rabu (29/6/2016) cara paling tepat dan cepat untuk mendapatkan energi kembali sekaligus melepaskan dahaga berkepanjangan usai berolahraga ialah dengan mengonsumsi segelas smoothie.

Megan Hoffman, seorang fitness director dari Oxygen Fitness di New Canaan, Connecticut menjelaskan bahwa pasca-latihan sebagian orang memang tidak akan tertarik untuk mengonsumsi segelas smoothie berisi kacang-kacangan atau buah segar seperti pisang dan stoberi. Namun untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, smoothie cukup ampuh mengganti nutrisi yang telah hilang.

"Jika Anda baru saja melakukan kelas latihan fisik dengan intensitas atau interval yang tinggi, maka Anda perlu menambah nutrisi dan mengisi tubuh dengan protein baru. Dan jika baru saja melakukan yoga, maka harus minum sesuatu yang bisa memenuhi tubuh dengan cairan yang memadai," kata Hoffman.

Sebagian orang memang akan memilih untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Namun cara tersebut tidak akan efektif untuk mengisi energi yang telah hilang.

"Mereka yang cenderung ngemil hingga larut malam karena masih lapar tak akan mengubah atau memperbaiki energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh usai berolahraga,"katanya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.