Sukses

7 Cara Obati Hepatitis B

Liputan6.com, Jakarta - Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B ditularkan melalui darah, air mani, atau cairan tubuh lain dari orang yang terinfeksi.

Bagi sebagian orang hepatitis B adalah akut, dan bisa menjadi jangka panjang menjadi infeksi kronis. Meski begitu, hepatitis B dapat disembuhkan dengan menjalani perawatan di rumah.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan agar virus hepatitis B tak menyebar, dilansir laman Webmd, Rabu (29/6/2016).

1. Kurangi aktivitas

Mengurangi aktivitas untuk mencocokan energi Anda. Sehingga Anda tidak harus tinggal di tempat tidur, tapi mendengarkan tubuh Anda.

2. Hindari olahraga berat

Saat Anda mulai merasa lebih baik, perlahan-lahan kembali ke aktivitas rutin. Jangan mencoba dengan kecepatan biasa atau terlalu cepat, mungkin Anda akan sakit lagi.

3. Makan dengan benar

Meskipun makanan tidak menarik bagi Anda, tapi yang penting makanan itu baik. Kebanyakan orang akan merasa mual, dan kehilangan nafsu makan. Cobalah konsumsi makanan besar di pagi hari, dan makanan ringan di hari selanjutnya.

Dokter merekomendasikan bagi orang yang menderita hepatitis sebaiknya konsumsi makanan tinggi kalori, dan diet kaya protein.

4. Hindari dehidrasi

Hal ini penting untuk menjaga tubuh Anda dengan baik. Apalagi jika Anda baru saja muntah, sebaiknya jangan sampai dehidrasi.

5. Minum banyak air

Jus buah, dan kaldu adalah pilihan yang baik lainnya karena mereka menyediakan kalori ekstra. Banyak minuman olahraga yang dapat membantu menggantikan mineral penting (elektrolit) yang hilang saat muntah. Anda juga dapat membuat minuman rehidrasi untuk diri sendiri.

6. Hindari alkohol dan obat-obatan

Hepatitis membuat sulit bagi hati untuk memproses obat-obatan dan alkohol. Jika Anda minum obat ilegal, atau minum alkohol efeknya mungkin Anda tak bisa bertahan lama karena hati rusak.

7. Kontrol gatal

Orang yang memiliki hepatitis kadang-kadang memiliki kulit gatal. Anda harus dapat mengontrolnya, hindari kondisi dingin, mengenakan pakaian katun, atau gunakan over the counter antihistamin seperti Benadryl atau Chlor-Trimeton.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Loading