Sukses

Ilmuwan Temukan Kulit Palsu yang Bisa Merasai Sentuhan

Kulit palsu yang bisa merasai sentuhan ditemukan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah satu dekade, peneliti studi dari Stamford University di California telah membuat terobosan besar untuk meniru kulit manusia melalui kulit elektronik. Jadi, Anda yang menggunakan tangan palsu, kini bisa merasakan sentuhan.

Teknologi ini memungkinkan pasien yang memiliki anggota badan palsu selain tangan pun bisa merasakan sentuhan, suhu, serta nyeri, dilansir Mirror, Selasa (28/6/2015).

Kulit elektronik untuk penyandang cacat fisik

Kulit plastik terbuat dari dua lapisan. Satu lapisan menggunakan mekanisme penginderaan, dan lapisan lain menggunakan sinyal-sinyal listrik sebagai sel-sel saraf untuk menerima.

Dengan begitu, kulit elektronik ini mampu mendeteksi tekanan yang kerjanya mirip dengan kulit manusia yang bisa merasai sentuhan ringan hingga jabat tangan. Teknologi ini menggunakan miliaran atom yang dijadikan satu dan dikenal dengan sebutan tabung grafem (grapheme) melalui lembaran plastik.

Agar sinyal listrik muncul, perlu ada gerakan yang menekan dan meremas plastik secara bersamaan sehingga indera perasa pun bekerja dengan baik mengantarkan ke otak.

 

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

http://ramadhan.liputan6.com/?utm_source=Direct&utm_medium=ContentPromotion&utm_campaign=Ramadan_Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.