Sukses

Musik Dapat Mengubah Rasa Bir

Benarkah musik dapat mengubah kadar bir yang diminum? Serta mengubah rasa makanan dan minuman yang kita santap?

Liputan6.com, Jakarta Musik tidak hanya mampu mengubah rasa makanan dan minuman, melainkan juga mengubah rasa bir yang kita minum.

Rasa bir bisa saja terlalu pahit dan rasa wine jadi terlalu manis apabila si peminum mengonsumsi dua jenis minuman itu sambil mendengarkan musik.

Untuk membuktikannya, peneliti dari Vrije Universiteit Brussel, Belgia, menyajikan tiga jenis bir beraneka rasa sambil menyalakan musik beragam genre.

Peserta yang mendengarkan musik berirama riang merasa bir yang mereka minum terlalu manis di lidah. Pun sebaliknya, wine yang seharusnya manis jadi terasa pahit karena efek dari mendengarkan musik bernada up-beat.

"Dan mereka menilai bir terasa lebih kuat saat mendengarkan musik pedih," kata Pemimpin Penelitian Dr Felife Carvalho dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/6/2016)

Penelitian tambahan mereka lakukan dengan melibatkan para pemusik dari sekolah musik di Brussel. Semua peserta diberi minuman sambil mendengarkan musik yang berbeda-beda. Hasilnya pun sama. Padahal, peserta tidak diberitahu kalau minuman yang mereka tenggak punya rasa yang sama.

Dari penelitian ini akhirnya diketahui bahwa musik dapat membangkitkan rasa tertentu. Secara efektif dapat digunakan untuk memengaruhi para peminum untuk mendapat sensasi minum yang berbeda-beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.