Sukses

Bayi Seberat 6,8 Kg Lahir Sehat di India

Seorang ibu di India, Nandini, telah melahirkan bayi perempuan dengan berat 6,8 kilogram.

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu di India, Nandini, telah melahirkan bayi perempuan sehat dengan berat 6,8 kilogram. Bayi ini diklaim dokter merupakan bayi terberat di dunia.

Seperti diberitakan Dailymail, Kamis (25/5/2016), Nandini saat ini berusia 19 tahun. Saat hendak melahirkan, bobot tubuhnya mencapai 94 kilogram. Dia tidak pernah menyangka anaknya bisa memiliki bobot tubuh luar biasa.

"Dalam 25 tahun pengalaman saya sebagai dokter kandungan, saya belum pernah melihat seperti ini (bayi besar). Dia adalah keajaiban. Saya percaya, dia bukan hanya bayi terberat di India, tapi juga di dunia," katanya di rumah sakit setempat, Dr Venkatesh Raju.

Menurut Raju, rata-rata kelahiran bayi normal hanya memiliki berat badan antara 3-4 kilogram. Tapi bayi ini memiliki berat badan yang tak biasa.

"Kami begitu shock mengingat risiko diabetes pada bayi yang lahir di atas 4 kilogram. Tapi setelah melakukan pemeriksaan, dia sehat," ujar Raju.

Karena lahir caesar, hingga kini bayi masih dirawat di Ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

"Seperti sebuah kejutan bagi kita semua. Operasi berlangsung selama hampir setengah jam dan tidak ada risiko apa pun. Kami awalnya khawatir, tapi nyatanya dia normal. Ibunya pun selalu melakukan kunjungan rutin dan check up tapi dia tidak memiliki diabetes atau tiroid," kata Raju.

Nandini dan suaminya, Arun, menikah dua tahun yang lalu. Mereka selalu menantikan kehadiran buah hati pertamanya. Kedua orangtua dari masing-masing pihak juga mengungkapkan rasa gembira mereka dengan kelahiran cucunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.