Sukses

Bagaimana Pola Diet yang Tepat untuk Vegetarian

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti orang kebanyakan, ada beberapa individu yang memilih untuk menjadi vegetarian karena alasan tertentu. Sayangnya, diantara mereka yang ingin menurunkan berat badan, sangat sulit menemukan pola diet yang cocok.

Menjawab hal tersebut, dokter pemerhati gaya hidup, Dr.Grace Judio-Kahl, MSc,MH,CHt, mengatakan, diet untuk vegetarian sebenarnya tidak ada bedanya dengan diet pada umumnya. Hanya saja ada beberapa menu yang bisa diganti.

"Pada prinsipnya vegetarian dan biasa, pola makannya sama. Kalau sulit menghitung kalori, Anda bisa coba five rules (motivasi, tetapkan target, ubah makanan, aktivitas fisik dan istirahat yang cukup)," kata Grace di sela sela healthy talkshow bersama Forum Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Selasa 24 Mei 2016.

Menurut Grace, saat vegetarian memutuskan untuk diet, dokter akan memperhitungkan berat badan ideal untuk targetnya. Setelah itu, pasien akan diberikan edukasi.

"Perhitungan kebutuhan kalori untuk pria 1.800-2.000 tergantung tinggi. Sedangkan wanita antara 1.600-2.000. Jadi kalau ada yang bertanya vegetarian harus makan apa, tetap dengan pola tumpeng gizi. Karbohidrat kalau bisa diganti dengan nasi merah lebih baik, kemudian lauknya bisa tahu, tempe, keju dan kacang-kacangan. Utamanya sayur dan buah harus lebih banyak dibandingkan protein. Dan hindari gula, tepung serta minyak," jelasnya.