Sukses

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

Kebiasaan menyimpan telur di kulkas ternyata tidak membantu mencegah kontaminasi bakteri dan keawetannya.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan menyimpan telur di kulkas ternyata tidak membantu mencegah kontaminasi bakteri dan keawetannya. Sebuah studi baru yang dilansir dari Onlymyhealth, mengklaim, menyimpan telur ayam di kulkas justru tidak sehat. Benarkah?

Sebelum memindahkan isi kulkas Anda, berikut ini ada beberapa alasan untuk menyimpan telur di luar pendingin, seperti:

1. Suhu kamar lebih baik

Menyimpan telur di luar kulkas akan mencegah risiko keracunan makanan lain. Dengan memasukkan telur ke dalam kulkas, bakteri yang menempel di kulit telur bisa menyebar ke makanan lain.

2. Telur tidak akan membusuk

Telur yang disimpan di suhu kamar lebih lama membusuk dibandingkan dengan yang disimpan dalam kulkas.

3. Bakteri pada cangkang

Menyimpan telur dalam suhu dingin lalu meninggalkannya di suhu kamar bisa menyebabkan kondensasi. Hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri pada cangkang bisa masuk ke telur juga.

4. Telur memiliki kutikula

Anda tidak perlu menyimpan telur di kulkas untuk menjaga kesegarannya, karena telur memiliki kutikula yang memastikan telur terus segar.
 
5. Terinfeksi

Jika Anda menduga telur bisa terinfeksi salmonella, menyimpannya dalam kulkas dengan telur lainnya malah dapat membuat telur lain ikut tercemar. 

Meski telur bisa disimpan tanpa kulkas selama 7-10 hari, namun yang terbaik tentu mengonsumsinya secara segar dalam beberapa hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini